• Home »
  • Article »
  • Motor Adventure Bajaj Pulsar AS 200 Kemungkinan Nggak Masuk Indonesia

Motor Adventure Bajaj Pulsar AS 200 Kemungkinan Nggak Masuk Indonesia


Bajaj-Pulsar-AS-200-001

Sobat Adventuriderz yang sedang menunggu kedatangan motor adventure buatan pabrikan India, Bajaj Pulsar AS 200, sepertinya harus kecewa. Pasalnya, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang sudah memasarkan Pulsar 200 NS nggak tertarik memasukkan Pulsar AS 200 ke Indonesia. Selain itu, motor sport full fairing dengan basis mesin yang sama, Pulsar RS 200, juga bernasib serupa dengan Pulsar AS 200 alias nggak dipasarkan di sini, setidaknya dalam waktu dekat.

Kalau sobat mau menengok, Pulsar AS 200 memiliki basis mesin dan rangka yang sama dengan Pulsar 200 NS. Desainnya pun bisa dikatakan 90 persen mirip. Perbedaan hanya terletak pada bagian muka, di mana Pulsar AS 200 sebagai motor adventure mengusung desain half fairing yang menutup setengah body, sedangkan Pulsar 200 NS merupakan naked sport yang memperlihatkan otot-otot kekarnya.

Di sektor mesin, Pulsar AS 200 juga identik dengan Pulsar 200 NS, yakni mengusung mesin berkapasitas 199,5 cc, SOHC, 4-stroke, 4 valve, dan berpendingin cairan yang dilengkapi dengan teknologi DTS-i khas Bajaj serta tiga buah busi. Sudah tentu Pulsar AS 200 memiliki tenaga yang nggak main-main. Power maksimal yang bisa dikeluarkan motor baru ini mencapai 23,5 PS/9.500 rpm dengan torsi maksimal sebesar 18,3 Nm/8.000 rpm.

Lalu, apa sih yang membuat Kawasaki Motor Indonesia enggan menjual Pulsar AS 200 dan Pulsar RS 200? Sales and Promotion Kawasaki Motor Indonesia Bobby Barata seperti yang dilansir oleh Solopos.com bahwa penjualan Pulsar 200 NS di Indonesia kurang menggembirakan, sehingga Pulsar AS 200 dan Pulsar RS 200 dengan basis mesin dan sasis yang sama tidak dimasukkan. “Memasukkan RS 200 dan AS 200 ke Indonesia sepertinya nggak dulu, kami masih konsentrasi memasarkan yang sudah ada. Pulsar 200 NS yang sudah ada saja masih banyak sisanya, belum sukses di pasar,” katanya.

Nah, sudah gamblang kan alasannya, karena Pulsar 200 NS kurang laku! Sepertinya Kawasaki Motor Indonesia juga khawatir Pulsar AS 200 dan Pulsar RS 200 akan bernasib serupa jika dipasarkan di Indonesia. Tentu saja keputusan ini mengecewakan banyak pihak, terutama para konsumen pecinta Pulsar series. Tidak sedikit pada pecinta motor adventure yang menanti kehadiran Pulsar AS 200. Apalagi sempat ada angin segar di mana perawakilan dealer Kawasaki di Indonesia dan komunitas Pulsar diajak ke pabrik Bajaj di Pune, India, untuk melihat langsung Pulsar AS 200 saat belum diluncurkan secara resmi.

Seperti sobat ketahui, Bajaj sudah hengkang dari Indonesia. Untuk memasarkan produknya di Indonesia, Bajaj menggandeng Kawasaki Motor Indonesia. Sayangnya baru satu saja produk Bajaj yang dipasarkan oleh Kawasaki Motor Indonesia, yaitu Pulsar 200 NS. Banyak pihak menuding Kawasaki Motor Indonesia masih setengah hati dalam memasarkan Pulsar 200 NS. Ya bisa dikatakan seperti memperlakukan anak tiri. Bukan apa-apa sih sob, Pulsar 200 NS, Pulsar AS 200, dan Pulsar RS 200, tergolong sebagai produk yang bagus dengan harga murah. Coba cek saja, dengan harga Rp 24 jutaan sobat bisa mendapatkan Pulsar 200 NS dengan power 23,5 PS/9.000 rpm. Apa nggak edan tuh! Mungkin saja Kawasaki Motor Indonesia takut project Ninja 150 4-stroke jadi berantakan kalau serius jualan Pulsar 200 series, baik dilihat dari segi spesifikasi mesin maupun harga jual. Padahal Pulsar 200 series sendiri hanyalah produk titipan, bukan produk Kawasaki sendiri. Bagi yang masih mau nunggu ya monggo saja, mungkin ke depan Kawasaki Motor Indonesia berubah pikiran.


Advertisements