Rim Lock, Perangkat Kecil yang Sangat Berguna Saat Adventure

Rim-Lock-001

Sobat Adventuriderz, sudah kenal dengan yang namanya rim lock? Bagi yang sudah sering mainan dirt bike atau enduro pasti sudah nggak asing lagi dengan rim lock. Tapi kalau memang belum tahu, kenalan dulu yuk! Adventuriderz akan mencoba menjelaskan berdasarkan pengetahuan yang masih super minim ini. Kalau memang ada kesalahan atau kekurangan dalam penjelasan, mohon koreksinya ya sob!

Rim lock merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengunci rim (velg) dengan ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam kondisi kekurangan angin atau bahkan mengempis sama sekali. Orang Indonesia sering kali menyebut rim lock dengan nama stopper ban. Pada dasarnya, antara rim dan ban adalah dua hal yang terpisah. Keduanya merekat dengan kuat ketika dalam kondisi terisi angin. Ketika tekanan angin berkurang atau kosong, rim dan ban tidak lagi merekat, sehingga bisa berputar sendiri-sendiri. Jika itu terjadi, pentil ban dalam bisa sobek dan ban dalam pun bisa tergilas oleh rim yang membuat ban dalam hancur. Dengan adanya rim lock, semua persoalan itu biasa diatasi sob.. Saat ban mengempis, rim lock akan menekan ban dalam mentok ke ban luar, sehingga rim, ban dalam, dan ban luar masih bisa berputar secara selaras bersama-sama.

Bagi para penggemar dirt bike atau enduro adventure, tentu saja rim lock itu sangat berguna. Kenapa? Kalau ban sampai bocor di tengah hutan gimana? Nggak ada tukang tambal ban di tengah hutan. Tentu ban motor harus bisa digunakan dan tidak hancur, paling tidak sampai ketemu tukang tambal ban di desa terdekat. Selain itu, saat trabas di kondisi jalan yang licin berlumpur, rider perlu mengurangi tekanan ban untuk mendapatkan traksi. Di sini lagi-lagi rim lock berguna agar rim dan ban tetap berputar bersama-sama.

Bagaimana cara memasang rim lock? Ada rider yang memasang satu rim lock di masing-masing ban, tapi ada juga yang memasang dua rim lock di setiap ban. Sebenarnya satu rim lock pada masing-masing ban sudah cukup aman, walaupun memang jauh lebih aman lagi kalau pasang dua rim lock di masing-masing ban. Kalau sobat mau memasang satu rim lock saja, pemasangan bisa dilakukan dengan posisi yang berdampingan dengan pentil ban. Tinggal diberikan jarak sekitar 10 cm dari pentil ban. Kalau mau pasang dua rim lock gimana? Satu rim lock dipasang di posisi yang berdampingan dengan pentil ban, sedangkan satu lagi berlawanan arah dengan pentil ban, sehingga seperti membentuk segitiga. Paling mudahnya sih tinggal pergi ke bengkel yang terpercaya, karena perlu ngebor rim juga untuk memasang rim lock. Oh ya, rim lock gampang ditemukan di toko-toko aksesoris dan variasi motor trail dengan harga antara Rp 50.000 sampai Rp 150.000, tergantung ukuran dan merk. Semoga berguna…

IMG_2641


Advertisements