Honda CB500X Dibandrol Rp 130 Juta, Pengganggu Versys 650?


Honda-CB500X-001

Well, kabar mengenai bandrol motor bertipe adventure-tourer, Honda CB500X, yang akan cukup terjangkau memang bukan isapan jempol belaka. Kini Astra Honda Motor (AHM) memang dipastikan membandrol salah satu big bike-nya itu sebesar Rp 130 juta on the road Jakarta, sesuai dengan harga yang ditebar di Jakarta Fair. Tentu saja bandrol sebesar ini sangat kompetitif, dan Honda CB500X bakal bersaing sangat ketat dari sisi harga dengan Kawasaki Versys 650.

Soal kubikasi mesin dan performa, Honda CB500X memang masih berada di bawah Kawasaki Versys 650. Cek saja, Honda CB500X dengan mesin dua silinder 471 cc ini hanya mampu mengeluarkan tenaga sebesar 47,65 HP, dibandingkan dengan mesin dua silinder 649 cc punya Kawasaki Versys 650 yang bisa memuntahkan power 69 HP. Selain masalah kubikasi mesin dan power, salah satu sisi minor dari Honda CB500X adalah penggunaan single disc brake di bagian depan, padahal kompetitornya itu sudah pakai double disc brake, sehingga aura moge Honda CB500X sedikit berkurang.

Terlepas dari beberapa hal yang lebih inferior itu, Honda CB500X tetaplah motor yang sangat menarik. Kubikasi mesin dan power yang nggak terlalu besar malah memudahkan bagi para pengguna moge pemula. Nama besar Honda juga nggak boleh dikesampingkan di sini, meskipun status AHM bisa dikatakan sebagai pemula dalam berjualan moge, dibandingkan dengan Kawasaki Motor Indonesia (KMI) yang sudah jauh lebih lama.

Satu hal yang paling menarik diperhitungkan tentu saja faktor harga. Harga Honda CB500X lebih murah nyaris Rp 30 juta daripada Kawasaki Versys 650 yang dibandrol Rp 159 juta. Terus selisih Rp 30 juta itu bisa dapat apa? Buat penggemar adventure-tourer, pannier box bisa dipastikan masuk dalam daftar belanja pertama. Satu set pannier box merk ternama bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp 15 juta. Sisanya bisa buat beli perlengkapan touring lain maupun part modifikasi, seperti muffler aftermarket, handguard, tank bag, hingga top case. Bisa jadi Honda CB500X menjadi motor paling laris dalam jajaran moge Honda. Apalagi sekarang ini Indonesia sedang dilanda demam kegiatan motor adventure, dan Honda CB500X bisa menjadi teman yang pas untuk riding adventure jarak jauh.


Advertisements