VIAR 7 Explorer Hari-1: Jelajah Pantai Pulau Merah Hingga Watu Ulo


VIAR-7-Explorer-Day-1-001

Dear sobat Adventuriderz, sudah tahu dong VIAR 7 Explorer seri kedua digelar pada 7-13 Juni 2015. Artinya, hari ini merupakan perjalanan perdana tim VIAR 7 Explorer yang rencananya menjelajahi pesisir pantai selatan Jawa dari Banyuwangi hingga Yogyakarta. Mau tahu gimana perjalanan tim VIAR 7 Explorer hari ini?

Tim VIAR 7 Explorer memulai perjalanan dari dealer VIAR Ditama yang berada di Genteng, Banyuwangi. Tentu saja dalam perjalanan ini diperkuat dengan tujuh orang rider, di antaranya Om Piters Tanujaya (Bandung), Pak Putra Adhi (Semarang), Mas Untung Pangestu (Klaten), Mas Imam (Malang), Mas Black (Malang), Mas Santos (Jember), dan Tyo Adventuriderz (Surabaya).

Sebelum keberangkatan tim disuguhi oleh Tari Gandrung yang merupakan tarian asal Banyuwangi. Tim pun kemudian menggeber lima motor Cross X 200 SE dan dua Cross X 250 menuju Pantai Pulau Merah yang berada di sisi selatan Banyuwangi. Kondisi jalan menuju Pantai Pulau Merah sebenarnya relatif bagus, karena sudah diaspal mulus meskipun nggak begitu lebar.

Pantai Pulau Merah merupakan pantai yang cukup terkenal di Banyuwangi. Jadi nggak mengherankan kalau pengunjung di pantai ini sangat banyak, terutama di akhir pekan. Sesampainya di Pantai Pulau Merah, tim VIAR 7 Explorer nggak berlama-lama, hanya berfoto sejenak kemudian gas lagi menelusuri jalan off road menuju Pantai Pancer. Berbeda dengan Pantai Pulau Merah yang sangat ramai, Pantai Pancer cenderung sepi. Tidak banyak wisatawan yang datang di Pantai Pancer, mungkin saja karena pantai ini merupakan pantainya nelayan. Terbukti dengan banyaknya perahu-perahu nelayan berwarna-warni yang bersandar di tepi pantai. Melihat kondisinya yang sepi, tim VIAR 7 Explorer bisa bersantai menikmati keindahan Pantai Pancer.

Puas menikmati keindahan alam Pantai Pancer, tim bergerak menuju ke arah Jember, tepatnya ke Pantai Watu Ulo. Selain itu, tim juga akan bertemu dengan komunitas trail di Jember yang sedang melakukan latihan bareng. Dalam perjalanan ke arah Jember ini Mas Black menuntun tim masuk ke jalur off road melewati perkebunan tebu. Jalurnya lumayan menantang mas bro… Mulai dari jalan bebatuan yang bikin tangan mati rasa; jalur off road yang licin, basah, dan benyek; hingga melewati aliran-aliran sungai. Semua track bisa dilewati dengan mudah oleh motor trail Cross X series. Gilanya lagi, para rider nggak ada yang menggeber motornya pelan-pelan, semuanya ngebut walaupun jalan remuk redam. Nggak cuma biar cepat sampai tujuan, geberan para rider ini sekaligus untuk menguji kehandalan Cross X 200 SE dan Cross X 250 SE, dan kedua motor itu lulus ujian dengan baik!!

Jalur off road berlumpur dan berbatu itu ternyata berakhir di Kecamatan Glenmore, Banyuwangi. Selanjutkan tim bergerak melintasi jalan utama yang menghubungkan antara Banyuwangi dan Jember. Sudah bisa dipastikan jalanan ini sangat mulus yang dikombinasikan oleh berbagai tanjakan, turunan, dan tikungan-tikungan tajam di Alas Gumitir. Menjalang sampai di Kota Jember, tim mampir sejenak di acara latihan bareng komunitas trail Tractor yang berada di Jember. Ternyata yang ikut latihan bareng ramai banget mas bro. Di sana tim bersilaturahim, sembari memberikan kesempatan test ride bagai para rekan-rekan komunitas yang ingin mencicipi galaknya motor trail buatan VIAR.

Hari semakin sore, tim menelusuri jalan menuju Pantai Watu Ulo yang merupakan persinggahan terakhir di hari pertama. Yups, tim VIAR 7 Explorer memang bermalam di pantai yang bersebelahan dengan Pantai Tanjung Papuma ini sob! Tapi sebelum beristirahat, tim menyempatkan diri mengeksplor keindahan Pantai Payangan yang berada persis di sebelah Pantai Watu Ulo. Tim membawa motor trail Cross X series melewati bebatuan karang hingga ke ujung yang tidak bisa dilalui lagi oleh motor. Besok, tim VIAR 7 Explorer akan bergerak dari Pantai Watu Ulo menuju Pantai Sendang Biru di Malang, melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) yang masih belum jadi alias berupa jalur off road! Tunggu perjalanan selanjutnya dari VIAR 7 Explorer ya sob!


Advertisements