VIAR 7 Explorer Hari-3: Adventure Singkat dari Sendang Biru ke Tambakrejo



VIAR-7-Explorer-Day-3-006

Tidak seperti hari pertama dan hari kedua, perjalanan tim VIAR 7 Explorer pada hari ketiga (9/6/2015) mencatatkan waktu yang paling singkat karena rutenya memang nggak terlalu panjang. Di hari ketiga tim VIAR 7 Explorer melakukan perjalanan dari Pantai Sendang Biru di wilayah Kabupaten Malang menuju Pantai Tambakrejo di Kabupaten Blitar, dua pantai yang masih berada di Provinsi Jawa Timur.

Dalam perjalanan hari ketiga, tim VIAR 7 Explorer ditemani oleh rekan-rekan komunitas setempat yang berjumlah tiga orang, sehingga tim berjalan beriringan sebanyak 10 orang. Rute-rute yang ditempuh oleh tim VIAR 7 Explorer tetap saja menantang sekaligus menyenangkan seperti di hari pertama dan kedua. Jalur Lintas Selatan (JLS) yang masih dalam proses pembangunan masih menjadi menu utama. Menariknya, lewat JLS yang belum jadi antara Malang dan Blitar ini para rider VIAR 7 Explorer disuguhi track beraspal yang dikombinasikan dengan jalan berlumpur karena pada malam harinya sempat diguyur hujan lebat. Terbukti VIAR Cross X 200 SE dan Cross X 250 SE bisa dengan mudah melalui JLS yang berlumpur ini.

Nah, pada perjalanan di hari ketiga, tim VIAR 7 Explorer mengunjungi beberapa pantai di wilayah antara Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar, seperti Pantai Kondang Merak, Pantai Goa China, Pantai Ngliyep, Pantai Ungapan, Pantai Bajul Mati, Pantai Jelangkung, Pantai Telok, dan Pantai Balekambang. Lepas dari JLS, tim masuk ke jalur single track menuju Pantai Jolosutro. Setelah berhenti istirahat dan menikmati keindahan Pantai Jolosutro, tim VIAR 7 Explorer langsung lanjut melalui jalur on road ke Pantai Tambakrejo. Sebenarnya masih ada jalur single track lagi antara Pantai Jolosutro dan Pantai Tambakrejo, namun tim memilih tidak mengambil jalur itu karena waktu tempuhnya sangat panjang bisa mencapai 5 jam perjalanan. Apalagi perjalanan tim VIAR 7 Explorer di hari keempat juga masih sangat berat dari Pantai Tambakrejo menuju Pantai Prigi Trenggalek yang full off road. Bisa dikatakan tim mencoba menghemat tenaga untuk hari keempat.

Saat tim tiba di Pantai Tambakrejo hari masih cukup siang, sekitar pukul 14.30. Yups, rute antara Pantai Sendang Biru dan Pantai Tambakrejo bisa dikatakan perjalanan paling singkat bagi tim VIAR 7 Explorer karena pada hari-hari sebelumnya tim selalu tiba di destinasi akhir saat hari sudah gelap. Begitu tiba di Pantai Tambakrejo, tim pun langsung mendirikan tenda untuk bermalam, membuat api unggun, makan ikan bakar, dan kemudian beristirahat untuk mempersiapkan hari keempat dengan rute yang jauh lebih ekstrem! Apakah Cross X 200 SE dan Cross X 250 mampu melibas jalur single track ekstrem dari Pantai Tambakrejo menuju Pantai Prigi? Tunggu laporannya ya!


Advertisements