Kawasaki Luncurkan Motor Kompetisi KX100 Edisi 2016


Data Cut

Kawasaki memang dikenal sebagai salah satu produsen motor kompetisi untuk motocross yang cukup ternama. Beberapa lineup motor kompetisi buatan geng ijo kerap kali menjadi penguasa berbagai ajang balap motocross dunia. Kali ini Kawasaki memberikan update pada salah satu varian motocross-nya, yaitu Kawasaki KX100.

Kawasaki KX100 sebenarnya merupakan pengembangan dari Kawasaki KX85. Motor ini digunakan oleh pembalap-pembalap pemula berusia muda atau sebagai motor penjenjangan sebelum seorang pembalap menggunakan motocross full-size dengan kubikasi mesin lebih besar. Lalu, seperti apa sih spesifikasi Kawasaki KX100 untuk tahun 2016?

Mesin yang digunakan oleh Kawasaki KX100 adalah silinder tunggal dengan kapasitas 99 cc, 2-stroke, dan berpendingin cairan, yang digerakkan dengan sistem transmisi manual 6-percepatan. Beberapa keunggulan Kawasaki KX100 antara lain menggunakan silinder yang sudah dilapisi Nikasil dan dua buah KIPS (Kawasaki Integrated Powervalve System), mirip seperti SKIPS pada Kawasaki Ninja 150. Selain itu, Kawasaki KX100 menggunakan radiator berkapasitas besar untuk meminimalisir overheat pada saat balapan mas bro…

Yah, namanya juga motor kompetisi, tentu saja Kawasaki KX100 menggunakan sasis yang memang capable untuk balap motocross. Suspensi depan menggunakan model upside down (USD) berukuran 36 mm yang bisa di-setting tingkat kekerasannya, serta suspensi mono shock di bagian belakang yang juga bisa diatur tingkat kelenturannya, lengkap dengan sistem Uni-Track yang khas dari Kawasaki. Karena Kawasaki KX100 tergolong sebagai motor untuk pemula, ban yang digunakan berukuran 70/100-19 di bagian depan dan 90/100-16 di bagian belakang. Kedua roda itu dilengkapi dengan sistem pengereman cakram untuk menjinakkan tenaga motor yang cukup liar.

Kawasaki KX100 2016 memang sudah diluncurkan oleh Kawasaki Jepang dan sudah dilempar ke pasaran dengan harga US$ 4.600 atau sekitar Rp 60 jutaan. Sayangnya belum diketahui secara pasti apakah motor itu bakal masuk ke Indonesia melalui Kawasaki Motor Indonesia (KMI) atau nggak. Kalau pun nggak masuk lewat KMI, sobat bisa mendapatkan Kawasaki KX100 melalui importir umum (IU), walaupun mungkin harganya jadi agak mahal.


Advertisements