VIAR 7 Explorer Hari-5: Menikmati Keindahan Pantai di Trenggalek-Pacitan



VIAR-7-Explorer-Day-4-001

Masih dengan tema “From Beach to The Beach”, pada hari kelima (11/6/2015), tim VIAR 7 Explorer melanjutkan ekspedisi menelusuri pantai selatan Pulau Jawa. Pada hari kelima, tim VIAR 7 Explorer memulai perjalanan dari Pantai Prigi yang merupakan pantai paling terkenal di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Selanjutnya, perjalanan di hari kelima akan berakhir di Pantai Telengria yang terletak tidak jauh dari Kota Pacitan, Jawa Timur.

Pada perjalanan hari kelima, komposisi tim VIAR 7 Explorer memang sedikit berbeda. Bukan tujuh rider, melainkan hanya lima rider yaitu Om Piters Tanujaya, Pak Putra Adhi, Mas Santos, Mas Imam, dan Tyo Adventuriderz. Lho yang dua rider ke mana? Mas Black dan Mas Untung Pangestu mencari GPS terlebih dahulu yang hilang di hutan pada malam hari. Mereka akan bertemu tim di Pacitan. Oke nggak masalah… Tim berangkat lebih santai karena perjalanan kali ini tidak terlalu berat. Apalagi pada hari keempat tim VIAR 7 Explorer dihajar dengan rute yang cukup dahsyat dan melelahkan hingga malam hari plus tragedi GPS dan HT yang hilang di hutan, sehingga perlu waktu istirahat yang cukup. Destinasi pertama yang dikunjungi oleh tim VIAR 7 Explorer adalah Pantai Pasir Putih yang berada di sebelah timur Pantai Prigi. Selanjutnya tim bergerak ke arah barat melewati Pantai Cengkrong menuju Pantai Damas. Kedua pantai ini bisa dikatakan sepi pengunjung dengan suasana yang cukup tenang.

Dari Pantai Damas barulah adventure dimulai. Tim VIAR 7 Explorer berjalan ke arah Pacitan dengan rute melewati Kecamatan Munjungan. Meskipun rutenya nggak begitu berat, tapi tetap menarik kok sob! Kondisi jalan dari Pantai Damas ke arah Munjungan diawali dengan jalur single track menaiki perbukitan yang lumayan tinggi. Asyiknya, kondisi jalan tidak mulus sama sekali, melainkan didominasi oleh bekas jalan aspal yang sudah rusak parah dan bebatuan. Jalan yang remuk tidak membuat tim VIAR 7 Explorer mengendurkan gas, tapi malah terus membetot gas hingga maksimal. Yups, di sini sekali lagi tim membuktikan ketangguhan motor trail Cross X 200 SE dan Cross X 250 SE dalam melibas tanjakan-tanjakan tinggi dan melewati bebatuan. Nggak ada masalah sama sekali mas bro! Bahkan tenaga dan torsi Cross X 200 SE yang dipakai oleh Adventuriderz terasa sangat berlebih untuk sekedar melibas tanjakan-tanjakan tinggi seperti ini, nggak ada gejaja drop power sama sekali. Tiba di puncak bukit, tim berhenti sejenak untuk berfoto sembari memasang banner VIAR Motor Indonesia. Pemandangan di atas bukit memang cantik banget dengan background perbukitan dan Pantai Prigi yang baru saja kami singgahi.

VIAR-7-Explorer-Day-4-006

Kelar pasang banner dan foto-foto, tim melanjutkan perjalanan menuju ke arah Kota Kecamatan Munjungan. Kecamatan Munjungan menurut Adventuriderz merupakan kecamatan yang sepi dan juah dari hingar bingar keramaian. Bahkan jaraknya pun tergolong jauh dari Kota Trenggalek. Lepas dari Kecamatan Munjungan, tim menemukan Pantai Blado dan Pantai Ngulungwetan. Khusus untuk Pantai Ngulungwetan, sepertinya memang belum dikembangkan sebagai objek wisata. Terbukti nggak ada fasilitas penunjang wisata apapun di Pantai Ngulungwetan. Malah saat kami bertanya nama pantainya kepada anak-anak yang berkumpul melihat kedatangan tim, mereka bergeleng nggak ada yang tahu. Salah satu hal yang menarik adalah tidak jauh dari bibir pantai terdapat sirkuit grass track sederhana yang biasa digunakan bermain oleh anak-anak setempat. Nggak mau membuang kesempatan, tim VIAR 7 Explorer bermain terbang-terbangan menggunakan Cross X series di sirkuit grass track itu.

Oh ya, dalam sisa perjalanan menuju Pantai Telengria, kondisi jalan yang dilalui oleh tim VIAR 7 Explorer cukup enak, didominasi oleh jalan aspal berkelok-kelok di perbukitan. Hanya beberapa kali saja tim menemui jalan yang rusak, seperti saat dalam perjalanan menuju Pantai Joketro dan Pantai Konang. Selebihnya merupakan jalan aspal mulus hingga ke Pacitan. Tim baru masuk jalur off road lagi menjelang Pantai Telengria, dan masuk ke pantai itu melalui jalan setapak, kemudian menyusuri bibir pantai dari ujung hingga ke pusat keramaian di Pantai Telengria. Sepanjang perjalanan itu tim VIAR 7 Explorer juga mampir ke beberapa pantai yang dilalui di sekitar Pacitan, seperti Pantai Taman, Pantai Soge, dan Pantai Pidaan. Jumlah pantainya bener-benar banyak dan cakep-cakep. Nggak rugi deh ikut dalam perjalanan VIAR 7 Explorer!


Advertisements