KTM 390 Adventure Bakal Meluncur Tahun Ini??

KTM-390-Adventure-001

Sobat Adventuriderz, ada rumor yang mengatakan bahwa pabrikan motor asal Austria, KTM, bakal meluncurkan motor baru KTM 390 Adventure pada tahun ini. Jika memang benar, ini menjadi kabar bagus bagi penggemar touring adventure, karena selama ini memang sangat minim pilihan motor adventure-tourer berkubikasi rendah.

Jika rumor yang datang dari India ini tidak meleset, maka KTM akan menjadi pabrikan besar pertama yang menyediakan motor adventure bersahabat untuk para pemula dalam waktu satu dekade terakhir. KTM 390 Adventure juga sangat mungkin menjadi pemicu bagi pabrikan besar lainnya untuk mengeluarkan motor-motor adventure dengan kubikasi rendah.

Nah, kemungkinan besar KTM 390 Adventure akan menggunakan mesin yang sama dengan KTM Duke 390 (street bike) dan KTM RC390 (sport). Seandainya menggunakan mesin yang sama persis tanpa ada ubahan, motor itu bisa memproduksi power hingga mencapai 42,9 HP dengan torsi sebesar 35 Nm. Memang menggunakan satu platform mesin pada beberapa tipe motor bakal menghemat biaya produksi.

Menurut Cartrade.com, KTM 390 Adventure akan memiliki banyak perbedaan dengan KTM Duke 390 dan KTM RC390. Motor adventure ini akan menggunakan sasis dan swing arm yang benar-benar baru, menggunakan ban off road, suspensi yang lebih panjang dan kuat, headlamp model baru, dipasangi handguard, knalpot tinggi yang berada di samping, dan jok yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh. KTM mungkin juga akan melakukan tunning ulang mesin dan rasio gear agar motor lebih powerful di medan off road. Ya kita tunggu saja kehadiran motor adventure terbaru dari KTM ini. Oh ya, foto di atas cuma renderan saja, bukan wujud asli KTM 390 Adventure.


Advertisements