VIAR 7 Explorer Hari-6: Perjalanan Panjang antara Pacitan dan Jogja


VIAR-7-Explorer-Day-6-002

Hari keenam bisa dibilang merupakan perjalanan terakhir tim VIAR 7 Explorer seri kedua menelusuri pantai selatan Jawa, mulai dari Pantai Pulau Merah di Banyuwangi hingga Pantai Parangtritis di Jogja. Mengambil tema “From Beach to The Beach”, tim VIAR 7 Explorer seri keuda ini memang terus menggali keindahan pantai-pantai di wilayah selatan Pulau Jawa sambil menguji ketangguhan motor VIAR Cross X 200 SE dan Cross X 250 SE dalam menaklukkan medan off road.

Nah, pada perjalanan hari keenam (12/6/2015), tim VIAR 7 Explorer dengan formas lengkap (Om Piters Tanujaya, Pak Putra Adhi, Mas Black, Mas Untung Pangestu, Mas Santos, Mas Imam, dan Tyo Adventuriderz) bergerak dari Pantai Telengria  di Pacitan menuju Pantai Parangtritis di Jogja. Dalam perjalanan ini tim menelusuri Jalur Lintas Selatan (JLS) yang sudah diaspal sangat mulus menuju Pantai Srau, Pacitan. Meninggalkan JLS, tim masuk ke arah Pantai Srau dengan kondisi jalan yang masih tergolong bagus meski sempit dan banyak kelokan. Tim VIAR 7 Explorer dengan cepat sampai di Pantai Srau dan langsung membawa Cross X 200 SE dan Cross X 250 naik ke atas bukit yang menjorok ke lautan. Bukan perkara sulit bagi Cross X series menaklukkan tanjakan bukit yang penuh dengan bebatuan ini. Pemandangan Pantai Srau dari atas bukit memang cantik banget sob!

Puas bermain-main di Pantai Srau, tim pindah posisi menuju ke arah Pantai Klayar yang merupakan salah satu pantai paling terkenal di Pacitan setelah Pantai Telengria. Dalam perjalanan ke arah Pantai Klayar ini tim VIAR 7 Explorer disuguhi oleh kondisi track yang sangat beragam, mulai dari jalan aspal yang sudah hancur penuh lubang dengan tanjakan-tanjakan yang aduhai, jalan cor-coran, hingga off road. Selama perjalanan kami singgah ke beberapa spot menarik terlebih dahulu, seperti Pantai Watukarung, Kali Maron, dan Pantai Ngiroboyo. Pantai Ngiroboyo sendiri berdampingan dengan Pantai Klayar. Tim VIAR 7 Explorer akhirnya tiba di Pantai Klayar saat sudah siang hari. Tim lalu naik ke atas bukit untuk mengambil spot foto, kemudian turun dan riding di pasir pantai dan berhenti istirahat di sebuah warung tenda di tepi Pantai Klayar untuk menenggak es kelapa muda.

Dari Pantai Klayar, tim berjalan ke arah barat melewati jalur off road ke arah Pantai Nampu yang sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jalur off road yang dilewati tim ini memang sangat menarik, karena setelah masuk hutan, tim menemukan jalur single track di perbukitan yang penuh dengan semak-semak hijau. Tiba di Pantai Nampu, tim VIAR 7 Explorer juga sedikit bermain-main dengan Cross X series. Kenapa? Di Pantai Nampu banyak jalur single track menantang yang bisa dieksplor sob. Tentu saja ini memacu adrenalin para rider yang kebanyakan sudah malang melintang di dunia off road untuk menaklukkannya. Yups, kalau menurut Adventuriderz, Pantai Nampu merupakan spot yang sangat menarik untuk bermain-main dengan motor. Apalagi pemandangan di Pantai Nampu juga sangat bagus. Dalam satu kompleks saja ada beberapa pantai cantik nan sepi yang siap menyejukkan mata.

VIAR-7-Explorer-Day-6-033

Hari sudah semakin siang, tim VIAR 7 Explorer meninggalkan Pantai Nampu dan bergegas menuju Pantai Parangtritis. Tim sempat singgah sebentar di Pantai Sadeng dan Pantai Timang yang sudah masuk dalam wilayah Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Di Pantai Timang yang terkenal dengan gondolanya, tim membentangkan spanduk VIAR Motor Indonesia di Pulau Panjang dengan menaiki gondola. Di sisa perjalanan, jalur yang dilalui oleh tim VIAR 7 Explorer lebih banyak berupa jalur off road bebatuan yang sangat menyiksa motor dan para rider. Tapi para rider nggak ciut nyali mas bro.. Cross X 200 SE dan Cross X 250 SE terus digeber dengan kecepatan tinggi.

Di tengah perjalanan, motor yang dikendarai Mas Imam mengalami sedikit kendala. Lima rider melanjutkan perjalanan melalui jalur off road, sedangkan Adventuriderz menemani Mas Imam keluar dari jalur off road ke jalan aspal yang lebih bersahabat. Setelah dilakukan sedikit perbaikan, Adventuriderz dan Mas Imam langsung ngacir ke Pantai Parangtritis melalui JLS yang sangat mulus dalam kondisi hari sudah gelap. Sesampainya di Pantai Parangtritis, Adventuriderz dan Mas Imam disambut oleh Area Manager VIAR Jogja Pak Sis Purnomo. Ternyata lima rider lain yang melewati jalur off road malah belum nongol. Terlalu banyak lewat jalur off road membuat tim VIAR 7 Explorer agak telat sampai di Pantai Parangtritis. Dua rider yang datang duluan langsung digiring ke sebuah cafe yang berada di Nologaten, Kota Jogja, untuk jumpa komunitas. Di sana rombongan komunitas trail di Jogja sudah menanti kedatangan tim VIAR 7 Explorer. Tidak lama kemudian lima rider lain juga nongol, dan lengkap sudah tim VIAR 7 Explorer berkumpul cafe. Saat jumpa komunitas, tim VIAR 7 Explorer berbagi pengalaman sepanjang perjalanan, termasuk bagi-bagi souvenir dan doorprize juga lhoo.. Pokoknya acara malam itu begitu meriah!


Advertisements