• Home »
  • Article »
  • Motor Listrik Zero Sudah Hadir di Indonesia, Varian Mana yang Menarik?

Motor Listrik Zero Sudah Hadir di Indonesia, Varian Mana yang Menarik?


Zero-Motorcycle-004

Sobat Adventuriderz, belum lama ini brand motor listrik asal Amerika Serikat, Zero Motorcycle, telah hadir di Indonesia dengan Agen Pemegang Merek (APM) PT Garansindo Technologies. Pada dasarnya ada empat tipe motor yang ditawarkan oleh Zero Motorcycle di Indonesia, yaitu Zero S (street bike), Zero SR (street bike), Zero DS (dual sport), dan Zero FX (trail). Keempat motor itu dibagi lagi ke dalam beberapa sub varian berdasarkan kapasitas baterai yang tertanam. Lalu, varian mana yang paling menarik?

Bagi penggemar motor dual sport seperti Adventuriderz, tentu saja tipe Zero DS dan Zero FX merupakan motor yang paling menarik untuk dipinang. Zero DS sendiri sebenarnya menggunakan basis desain yang sama dengan Zero S/SR yang masuk dalam kategori street bike. Bedanya, Zero DS menggunakan ban dual purpose berdiameter 17 inch di bagian belakang dan 19 inch pada bagian depan. Zero DS pun dilengkapi dengan front fender yang tinggi layaknya motor dual sport, membuatnya terlihat begitu garang dan siap melibas berbagai kondisi medan.

Bagaimana dengan Zero FX? Untuk varian yang satu ini memang cenderung mirip seperti motor trail kebanyakan. Body ramping, jok tipis dan rata, front fender tinggi, serta menggunakan ban dual purpose berukuran kombinasi 18-21 inch. Asli mirip banget kayak motor trail tho? Walaupun modelnya seperti motor trail, namun nyatanya Zero FX punya power yang sangat lumayan. Power motor ini mencapai 27 HP/3.700 rpm dengan torsi yang sangat gila mencapai 95 Nm. Perlu diingat, ini adalah motor listrik yang bisa berlari dengan sekejap. Bahkan pabrikan mengklaim Zero FX bisa mencapai kecepatan 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4 detik dengan kecepatan maksimal 137 km/jam. Sayangnya, kapasitas baterai yang dipasang pada Zero FX memang paling rendah dibandingkan varian lainnya. Nggak heran kalau jarak jangkau Zero FX juga paling rendah, hanya 56 km (Zero FX ZF2.8) dan 113 km (Zero FX ZF5.7), dengan catatan digunakan untuk berkendara di kota. Kalau digeber dengan kecepatan tinggi, baterai Zero FX bakal lebih cepat habis dan jarak jangkaunya pun menjadi lebih pendek.

Last, walau bagaimana pun produk Zero Motorcycle merupakan produk premium. Nggak heran kalau harganya tergolong tinggi, malah setara dengan moge konvensional. Rentang harga produk Zero Motorcycle berada pada angka Rp 180 juta hingga Rp 359 juta. Memang sangat mahal, tapi cukup worth it buat orang-orang yang punya duit berlebih dan pengen menggunakan teknologi motor paling mutakhir. Apalagi desain produk Zero Motorcycle tergolong ciamik kok. Plus proses pengisian bahan bakar sangat mudah. Cukup dengan mencolokkan charger ke sumber power listrik, persis seperti saat kita charging HP. Gimana sobat, tertarik meminang produk Zero Motorcycle? Satu showroom Zero Motorcycle sekarang sudah ada di wilayah Kemang, Jakarta Selatan lho!


Advertisements