• Home »
  • Article »
  • Bagi AHM, Masuk Segmen Dual Sport dan Supermoto Bukan Perkara Sulit

Bagi AHM, Masuk Segmen Dual Sport dan Supermoto Bukan Perkara Sulit


KLX250-CRF250L-WR250R-001

Segmen motor dual sport dan supermoto berkubikasi rendah (150-250 cc) sekarang ini adalah milik Kawasaki Motor Indonesia (KMI) lewat produk-produk andalannya seperti KLX150, KLX250, D’Tracker, dan D’Tracker X. Bisa dikatakan Kawasaki adalah raja di segmen ini. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun mulai masuk, tapi dengan segmen yang lebih premium, yaitu WR250R. Lalu, kapan Astra Honda Motor (AHM) ikutan?

Sekarang ini AHM merupakan penguasa penjualan motor di Indonesia dengan market share yang nyaris 70 persen secara nasional. Saat sudah menjadi penguasa seperti ini, sebenarnya bukan menjadi perkara yang sulit bagi AHM masuk ke segmen dual sport dan supermoto yang sekarang belum disentuh sama sekali. Kemungkinan sih tinggal menunggu waktu saja AHM masuk ke segmen ini.

Yups, AHM bisa mulai masuk ke segmen dual sport dan supermoto dengan kubikasi mesin 250 cc. Di pasar global Honda sudah punya dua motor itu. Apa lagi kalau bukan CRF250L (dual sport) dan CRF250M (supermoto). Dua produk itu bisa menjadi pesaing bagi KLX250 dan D’Tracker X, serta WR250R. Konon kabarnya AHM juga sudah menguji coba CRF250L di kawasan pabriknya. Seandainya masuk ke Indonesia, kemungkinan besar CRF250L dan CRF250M masuk dalam lineup CBU alias didatangkan secara impor dari Thailand yang menjadi basis produksi.

Setelah menjual varian top of the line dari dua produk itu, AHM bisa masuk ke segmen di bawahnya, yaitu dual sport dan supermoto berkubikasi mesin 150 cc. Kalau menurut pandangan Adventuriderz, desain motor bisa menggunakan CRF150F yang sudah ada, tinggal menyesuaikan di bagian kaki-kaki. Bagaimana dengan mesin? Paling pas menggunakan mesin Honda Verza yang ringan, murah meriah, low maintenance, dan cukup bertenaga! Nggak perlu lah pakai mesin DOHC hi-tech seperti punya CB150R atau CBR150R. Untuk harga, paling pas disandingkan dengan lineup dual sport dan supermoto 150 cc punya Kawasaki, sekitar Rp 27-30 juta. Dijamin Kawasaki bakal kelabakan! Toh hanya tinggal menunggu waktu saja sampai Yamaha mengeluarkan motor serupa berkubikasi 150 cc…

Honda-CRF150F-001


Advertisements