Mudik Yuk: Siap-Siap Riding 1.100 Km dari Surabaya ke Lampung



Mudik-Lebaran-2014

Sobat sekalian, sepertinya Adventuriderz pada tahun ini ingin mengulangi pengalaman mudik tahun lalu, yaitu mudik menggunakan motor. Perjalanan yang ditempuh memang cukup panjang. Adventuriderz sekarang tinggal di Surabaya, sedangkan orang tua dan kampung halaman berada di Lampung, lebih tepatnya lagi Lampung Timur. Jarak antara kedua titik ini berdasarkan mudik menggunakan motor tahun lalu sekitar 1.100 kilometer. Ya lumayan lah bisa bikin boyok pegel…

Jika sebelumnya Adventuriderz lebih sering mudik menggunakan transportasi udara, sejak tahun lalu mencoba mudik menggunakan motor. Ternyata seru juga dan bikin ketagiha. Ya walaupun rasa capek itu pasti ada. Rencananya Adventuriderz mudik naik ‘Si Belalang Tempur’ Kawasaki KLX150L. Si Belalang Tempur juga menemani Adventuriderz mudik pada tahun lalu kok. Kalau nggak ada kendala, perjalanan mudik akan dimulai Minggu, 28 Juni 2015. Memang enak mudik lebih awal, nggak kena macet dan bisa berkumpul dengan keluarga lebih lama.

Bagaimana dengan rute yang ditempuh? Kali ini nggak akan neko-neko karena niatnya memang mudik, bukan adventure. Sama seperti tahun lalu, Adventuriderz akan melewati Jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), mulai dari Surabaya, Gresik, Semarang, Cirebon, Karawang, dan nanti baru masuk ke Bekasi, Jakarta, hingga mencapai Pelabuhan Merak di Banten. Selanjutnya Adventuriderz akan nyeberang dari Pelabuhan Merak Banten ke Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan, dan riding lagi sejauh kurang lebih 60 kilometer lagi hingga mencapai kampung halaman.

Mudik-Lebaran-2015-000

Mengenai persiapan, nggak begitu banyak yang dilakukan. Tapi Adventuriderz sudah menulis artikel “Mudik Lebaran dengan Motor, Apa Saja yang Perlu Disiapkan?”, ya kurang lebih persiapannya seperti di tulisan itu. Barang bawaan sendiri memang cukup banyak, karena sebulan di kampung halaman sob. So, sudah ada sepasang side bag, satu duffel bag, dan satu tank bag yang bakal nemplok di motor.

Well, Adventuriderz sih nggak punya target sama sekali berapa hari melakukan perjalanan mudik ini. Tapi berbekal pengalaman tahun lalu, mestinya sudah sampai di Lampung dalam waktu dua hari, dengan asumsi menginap satu malam di tengah perjalanan. Ntah nanti bakal rest di mana masih belum tahu, tergantung situasi dan kondisi. Kemungkinan sih istirahat di sekitar Cirebon, atau kalau masih kuat ya ngegas terus sampai Karawang lah… Okee.. Nanti Adventuriderz update cerita perjalanan mudik Lebaran 2015 di blog ini ya sob.. Tunggu saja!


Advertisements