First Impression: Tenda Badak Hitam yang Super Simple!


CAMERA

Sobat sekalian, akhirnya Adventuriderz berkesempatan juga nyobain tenda adventure lokal yang memiliki desain dan pemasangan paling simple, apalagi kalau bukan Tenda Badak Hitam kreasi Om Alfian JBC asal Malang, Jawa Timur. Nyobain di sini bukan berarti benar-benar mencoba menggunakan tenda, tapi hanya sekedar melihat impresi awal setelah tenda dipasang.

Yups, Adventuriderz sudah mendapatkan tenda ini lebih dari sebulan yang lalu. Rencananya Tenda Badak Hitam akan menemani riding adventure yang akan dilakukan mulai 1 Agustus 2015 dengan tema “Ride2NationalPark”, yakni menjelajah 10 taman nasional yang ada di Pulau Jawa, mulai dari Ujung Kulon di Banten hingga Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur.

Walaupun sudah mendapatkan Tenda Badak Hitam sejak sebulan yang lalu, namun Adventuriderz belum pernah mencoba sama sekali karena keterbatasan tempat kalau mau nyoba di Surabaya. Nah, saat pulang kampung ke Lampung inilah Adventuriderz berkesempatan mencoba lantaran halaman rumah yang cukup luas dan memungkinkan untuk mendirikan tenda. Bagaimana sih impresi awal dari Tenda Badak Hitam?

Tenda Badak Hitam ini tergolong sangat ringkas lho sob. Bagaimana tidak, dalam paket penjualan hanya terdapat tenda berukuran panjang kurang lebih 2 meter dan lebar sekitar 1,5 meter tanpa frame, jadi memang ringkas banget. Selain itu, ada pula empat pasak berukuran mungil untuk memancang tenda di keempat sisi dan dua tali untuk mengaitkan bagian atas tenda dengan motor. Jika tenda dilipat dan dimasukkan ke dalam wadah, tenda ini hanya sebesar celana denim yang dilipat.

Memang Tenda Badak Hitam didesain sangat simple, termasuk dalam hal pemasangan. Untuk memasang tenda ini sangat mudah dilakukan oleh satu orang sekalipun. Bahkan dalam pemasangan tidak memerlukan waktu yang lama. Cukup dengan waktu 3 menit saja tenda sudah bisa berdiri dan siap digunakan. Lha wong tinggal membentang empat sisi tenda bagian bawah dengan pasak, kemudian bagian atas tenda ditali dengan bagian dari motor. Asli deh, jauh lebih simple kalau dibandingkan dengan pemasangan tenda dome yang lightweight sekalipun.

Idealnya, Tenda Badak Hitam bisa menampung dua orang plus barang-barang bawaan yang dibawa untuk perjalanan. Tapi kalau mau dipaksakan, Tenda Badak Hitam bisa juga kok menampung sampai tiga orang, cuma bakal kelihatan sumpek aja sih. Apalagi kalau barang bawaan masuk semua. Satu sampai dua orang menjadi konfigurasi terbaik untuk mengisi tenda ini deh.

Meskipun Adventuriderz belum benar-benar menggunakan Tenda Badak Hitam, namun dari impresi awal saat percobaan ini Adventuriderz akan memberikan info beberapa poin penting mengenai keunggulan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan bagi sobat sekalian yang ingin meminang Tenda Badak Hitam untuk riding adventure. Apa saja poin-poin itu?

Keunggulan

  • Simple, ringan, ringkas, dan pemasangan mudah.
  • Menggunakan alas berupa terpal, jadi sudah cukup bagus melindungi badan saat camping. Mungkin saat kondisi hujan pun bagian bawah ini nggak tertembus oleh air.
  • Harga terjangkau hanya Rp 350.000.

Kekurangan

  • Bahan tenda hanyalah single layer. Adventuriderz sih masih belum cukup yakin ini tidak tertembus air hujan ketika terjadi cuaca buruk.
  • Pasak yang diberikan dalam paket penjualan berukuran pendek dan mungil. Memang tidak begitu masalah ketika mendapatkan tempat camping dengan kontur tanah yang keras. Tapi bakal susah kalau mendapatkan tempat camping di kontur tanah yang gembur, seperti pantai, karena pasak nggak bisa menancap hingga dalam.
  • Tanpa frame, tenda memang hanya mengejar ‘simple’, sehingga terlihat nggak begitu kokoh. Apalagi kalau dihajar oleh cuaca buruk berupa angin kencang.

Melihat berbagai keunggulan dan kekurangan sesuai dengan impresi awal di atas, Adventuriderz sih menyarankan menggunakan Tenda Badak Hitam dalam kondisi cuaca yang bagus, seperti musim kemarau sekarang ini. Adventuriderz belum kebayang gimana tenda ini kalau dihajar dengan cuaca buruk berupa hujan deras dan angin kencang. Namun, dalam kondisi cuaca bagus, Tenda Badak Hitam ini bisa menjadi pilihan yang bagus. Ringan, ringkas, pemasangan mudah, dan harga murah, siapa yang mau menolak?


Advertisements