• Home »
  • Oil »
  • Nyoba Oli Castrol Power 1 4T SAE 10W-40 untuk Kawasaki KLX150L

Nyoba Oli Castrol Power 1 4T SAE 10W-40 untuk Kawasaki KLX150L

Castrol-Power-1-005

Sobat Adventuriderz, oli merupakan bagian yang sangat penting bagi mesin motor. Kita mesti rajin mengganti oli motor agar performa mesin tetap terjaga. Sebaiknya seberapa sering sih frekuensi penggantian oli mesin? Kalau menurut Adventuriderz sih sangat tergantung dari tipe motor, frekuensi penggunaan motor, dan kualitas oli yang dipakai. Yang paling mudah sih berdasarkan jarak tempuh motor.

Khusus untuk ‘Si Belalang Tempur’ Kawasaki KLX150L milik Adventuriderz, biasanya hanya menggunakan oli semi sintetis Kawasaki Genuine Oil dengan SAE 10W-40. Selama ini Adventuriderz belum pernah menggunakan oli-oli yang lainnya. Frekuensi penggantian oli sendiri biasanya dilakukan ketika motor menempuh jarak setiap 2.000-2.500 kilometer sekali. Kali ini Adventuriderz ingin menggunakan oli yang berbeda untuk Si Belalang Tempur, yaitu Castrol Power 1 4T dengan SAE 10W-40. Oli ini Adventuriderz dapatkan di Castrol Bike Point yang berada di Bandar Lampung dengan harga Rp 49.000 per botol dengan kapasitas 1 liter. Adventuriderz pun beli tiga botol sekaligus untuk stok sekalian.

Yups, Adventuriderz dalam menggunakan oli memang hanya berpatokan dengan buku pedoman dari Kawasaki untuk KLX150L. Apa saja itu? Sesuai dengan buku pedoman, dianjurkan menggunakan oli yang memiliki standar API SL dan JASO MA2. Selain itu, oli juga menggunakan tingkat viskositas (SAE) 10W-40. Artinya oli itu bisa beroperasi dengan baik pada rentang suhu antara minus 10 derajat celcius hingga 40 derajat celcius. Nah, kebetulan sekali Castrol Power 1 4T SAE 10W-40 sudah klop spesifikasinya sesuai dengan buku pedoman.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan, untuk mengisi oli mesin Kawasaki KLX150L, berlaku juga untuk Kawasaki KLX150S, dibutuhkan oli sebanyak 1,3 liter. Sobat sebaiknya jangan malas dan hanya mengisi mesin dengan oli sebanyak 1 liter. Kenapa? Bisa-bisa bagian rumah kopling nggak terlumasi dengan baik. Hal itu bisa menyebabkan selip kopling yang berujung pada kanvas kopling rawan gosong.

Terus, gimana sih performa Castrol Power 1 4T SAE 10W-40? Adventuriderz sih belum bisa menilai sob. Impresi awal sih tarikan motor jadi enteng dan mesin jadi lebih halus. Tapi bisa saja itu cuma sugesti saja. Lha wong motor belum pernah digunakan untuk perjalanan jarak jauh sejak diganti olinya. Mungkin nanti kalau sudah menempuh jarak 500-1.000 kilometer Adventuriderz bakal ulas lagi gimana performa oli ini. Apakah bakal bisa bekerja dengan baik atau tidak? Ya tunggu ulasan berikutnya ya!


Advertisements