Cepat Atau Lambat, AHM Bakal Luncurkan Pesaing Kawasaki KLX150



Honda-NXR-160-Bros-001

Mungkin banyak di antara sobat sekalian yang cukup gemas dan bertanya-tanya, kenapa kok Astra Honda Motor (AHM) nggak meluncurkan motor dual sport sebagai pesaing Kawasaki KLX150 yang sekarang masih begitu dominan. Kawasaki KLX150 memang menjadi satu-satunya motor brand Jepang yang mengambil segmen dual sport. Hasilnya, penjualan Kawasaki KLX150 begitu moncer meskipun dibandrol dengan harga yang cukup mahal dan spesifikasi sangat biasa.

Nah, menurut pendapat Adventuriderz, mungkin nggak akan lama lagi kok AHM meluncurkan motor dual sport sebagai pesaing Kawasaki KLX150. Memang waktunya nggak bisa instant karena AHM mesti fokus pada satu per satu produk. Yups, seperti sobat ketahui, AHM sudah menguasai market share motor skutik. Tahun ini AHM masih penasaran untuk menjadi raja di segmen motor sport 150 cc dengan meluncurkan versi facelift dari Honda CB150R yang rencananya digunakan untuk menjungkalkan dominasi Yamaha Vixion, sekaligus meluncurkan Honda Sonic 150 yang bakal menjadi pesaing bagi Suzuki Satria F150 di segmen bebek sport.

Berdasarkan selentingan kabar yang beredar, motor dual sport dari AHM baru akan meluncur pada tahun 2016. Memang bukan hal yang sulit bagi AHM membuat motor dual sport pesaing Kawasaki KLX150. Lha wong di pasar global, Honda sudah punya Honda CRF150F yang notabene merupakan motor off road murni. AHM tinggal mengembangkan motor dual sport buatannya nanti dari Honda CRF150F ini. Apalagi Honda kabarnya sudah mematenkan desain motor dual sport di Eropa. Desain yang dipatenkan itu identik dengan Honda NXR 160 Bros yang sudah dipasarkan oleh Honda Brazil. Toh Honda NXR 160 Bros secara desain merupakan pengembangan dari Honda CRF150F kok. Bisa saja nanti AHM menggunakan desain Honda NXR 160 Bros ini untuk motor dual sport yang dipasarkan di Indonesia. Mesinnya sih gampang, tinggal pakai mesin Honda Verza yang tergolong simple, low maintenance, bandel, dan punya tenaga mumpuni. Beres sudah!! Menariknya lagi, kemungkinan motor dual sport dari AHM nggak cuma bersaing dengan Kawasaki KLX150, tapi juga motor dual sport dari Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), yaitu Yamaha XTS 150. Kita tunggu saja kehadirannya tahun depan!


Advertisements