National Park Explorer Hari-8: Menelusuri Lereng Gunung Merapi

National-Park-Explorer-Hari-8-004

Di hari kedelapan (14/8/2015) ekspedisi National Park Explorer, Adventuriderz menyempatkan diri bertandang ke dealer VIAR Kharisma Motor yang berada di Jalan Magelang Km. 7,2 Jogja. Tujuannya adalah untuk melakukan tune up dan mengecek kondisi motor VIAR Cross X 200 SE yang sudah menempuh perjalanan sekitar 1.300 kilometer selama tujuh hari terakhir. Yups, VIAR Kharisma Motor merupakan salah satu dari banyak pilihan sebagai service point motor trail VIAR Cross X series.

Oh ya, setelah menempuh perjalanan sejauh 1.300 kilometer itu tidak ada kendala yang berarti pada VIAR Cross X 200 SE, kecuali pada bohlam lampu utama yang sudah mati sebelum mencapai Dieng di hari ketujuh. Di service point Adventuriderz hanya meminta tune up tanpa ganti oli karena penggantian oli sudah dilakukan sebelumnya. Selain itu, Adventuriderz juga meminta setting ulang pada bagian rem depan yang terasa keras dan tidak mau memompa minyak rem. Setelah selesai service, VIAR Cross X 200 SE terasa lebih enteng, beberapa bagian yang menjadi keluhan bisa normal kembali. Motor pun langsung diajak adventure lagi.

Kebetulan sekali saat berada di VIAR Kharisma Motor, Pak Edi Buntoro, salah seorang kenalan dan mantan pengguna Kawasaki KLX150S datang menghampiri. Beliau penasaran dengan VIAR Cross X 200 SE yang dibawa oleh Adventuriderz. Ya sudah langsung saja Adventuriderz beri kesempatan test ride. Menurut testimoni beliau, tenaga VIAR Cross X 200 SE terlalu galak untuk balung tuo (tulang tua), gampang njondil-njondil (lompat-lompat). Hehehe…

National-Park-Explorer-Hari-8-006

Siang hari itu Adventuriderz mengajak VIAR Cross X 200 SE ke lereng Gunung Merapi di sisi Jogja. Ternyata cukup asyik juga bermain-main dengan motor ini menelusuri sungai-sungai kecil dan lembah yang berada di kaki Gunung Merapi. Torsinya yang begitu nampol nggak membuatnya kesulitan melibas aliran sungai kecil yang penuh dengan bebatuan. Adventuriderz sempat masuk juga ke sebuah lembah yang tidak jauh dari Kaliadem. Lembah ini biasa digunakan untuk penambangan batu. Semakin masuk ke lorong-lorong lembah, ternyata track semakin seru. Aliran air sungai yang kecil penuh bebatuan masih sangat mendominasi. Menariknya, dari atas tebing menetes air seperti sedang hujan. Mungkin air ini berasal dari aliran sungai yang berada di atas tebing.

Puas bermain-main di lembah, Adventuriderz riding menuju Kinahrejo (Kaliadem), tepatnya ke rumah Mbah Maridjan, salah seorang tokoh yang dikenal sebagai juru kunci Gunung Merapi sebelum akhirnya meninggal dunia akibat letusan Gunung Merapi tahun 2010. Kini rumah Mbah Maridjan sudah beralih fungsi sebagai objek wisata sejarah untuk mengenang bagaimana dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 silam. Beberapa benda yang masih tersisa akibat letusan dipajang dengan menarik di rumah Mbah Maridjan, mulai dari perlengkapan dapur, kursi, lemari, motor hingga mobil yang dulu pernah digunakan untuk mengevakuasi warga.

National-Park-Explorer-Hari-8-018

Dari rumah Mbah Maridjan, perjalanan dilanjutkan menuju sisi lain kaki Gunung Merapi. Kalau nggak salah di lokasi bunker. Kondisi jalan di sana masih berupa off road dengan debu yang berhamburan. Apalagi banyak Hardtop wisata yang berseliweran membuat debu dengan mudah beterbangan. Mengendarai VIAR Cross X 200 SE di jalur seperti ini dengan kecepatan tinggi memang sangat menyenangkan. Suspensinya pun cukup oke dalam melibas kondisi jalan yang super bumpy dan penuh batu. Banyak wisatawan yang datang ke tempat ini karena lokasinya sudah cukup dekat dengan Gunung Merapi. Sayangnya sore itu Merapi tidak kelihatan sama sekali karena tertutup awan.

National-Park-Explorer-Hari-8-030

Perjalanan menelusuri lereng Gunung Merapi pun kemudian di akhiri. Adventuriderz turun menuju Kota Jogja dan kemudian mampir ke Respiro Store Simanjuntak Jogja. Di sana Adventuriderz disambut dua Respiro Crew, Mas Dedi dan Mbak Tifa. Nggak lama kemudian rombongan dari beberapa komunitas nongol juga di Respiro Store Simanjuntak. Ya udah deh, rencana awal cuma mampir sebentar jadi panjang sampai malam hari. Teman-teman juga sempat mencicipi performa dari VIAR Cross X 200 SE. Terima kasih buat Respiro Crew dan teman-teman komunitas atas sambutan hangatnya. Semoga bisa ketemu lagi di lain waktu. Di hari kesembilan (15/8/2015) ekspedisi National Park Explorer Adventuriderz akan meninggalkan Jogja menuju Jawa Timur untuk mengeksplor berbagai taman nasional di sana. Mungkin ada teman-teman yang pergi ke Bromo tepat tanggal 17 Agustus 2015? Nanti kita bisa ketemu dan merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

National-Park-Explorer-Hari-8-034


Advertisements