National Park Explorer Hari-9: Sampai di Kota Kediri, Jawa Timur


Yogyakarta to Kediri, East Java, Indonesia - Google Maps 2015-08-16 11-17-21

Nggak terasa perjalanan ekspedisi National Park Explorer sudah memasuki hari kesembilan (15/8/2015). Di hari kesembilan ini Adventuriderz mulai meninggalkan Jogja menuju ke arah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Harapannya Adventuriderz bisa merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia nanti di Bromo.

Adventuriderz berangkat dari Jogja sekitar pukul 13.00 WIB melewati jalur selatan, mulai dari Wonosari, Pracimantoro, Pacitan, hingga Trenggalek. Riding di jalur lintas selatan ini memang sangat asyik. Kondisi jalan berupa aspal yang sangat mulus namun penuh dengan tikungan-tikungan tajam yang memacu adrenalin. Tiba di daerah pacitan, suasana menjadi cukup ramai karena ada iring-iringan rombongan mantan Presiden SBY yang sedang pulang kampung. Selain itu, mungkin juga karena bertepatan dengan acara Jogja Bike Rendezvous, sehingga banyak pengendara moge yang melintas di jalur lintas selatan.

Sekitar pukul 15.00 WIB Adventuriderz sudah tiba di Pantai Telengria Pacitan. Di sini Adventuriderz memang sengaja nggak lewat tengah Kota Pacitan dan lebih memilih lewat bibir Pantai Telengria yang sangat panjang, kemudian tembus lagi di jalur lintas selatan yang mulus. Perlu sobat ketahui, Pantai Telengria merupakan pantai yang sangat terkenal di Pacitan, karena lokasinya nggak jauh dari pusat kota. Pantai Telengria punya bibir pantai yang sangat panjang dengan pasir putih yang bersih. Apalagi menariknya Pantai Telengria? Di sini terdapat pelabuhan bagi nelayan, pembuatan kapal, hingga pusat penjualan batu akik yang kini sedang sangat digandrungi masyarakat. Kalau mau bermalam di Pantai Telengria, di sana banyak terdapat penginapan kok mulai dari yang murah sampai yang mahal.

National-Park-Explorer-Day-9-006

Salah satu hal yang paling menarik ketika melewati jalur lintas selatan Pacitan adalah ketika tiba di Pantai Soge. Pemandangan di sepanjang jalan jadi begitu memukau berkat jalan yang sangat mulus dipadu dengan pemandangan pantai yang memanjang di sisi kanan. Beberapa kali melewati jalan ini pun nggak pernah merasa bosan.

Setelah Pacitan, Adventuriderz mulai memasuk wilayah Kabupaten Trenggalek dengan kondisi jalan yang sama persis. Mulus dan penuh dengan tikungan sejak Lorok hingga ke Dongko. Menghadapi jalan yang seperti ini memang harus ekstra waspada. Walaupun mulus tapi penuh dengan blind spot, kendaraan dari depan nggak kelihatan sama sekali. Selain itu, jalan berkelok yang terlalu panjang membuat fisik lebih cepat lelah. Memang awalnya sangat menantang, tapi lama-lama jadi membosankan. Itu yang mesti diwaspadai.

National-Park-Explorer-Day-9-005

Nggak terasa jalan panjang yang penuh dengan kelokan itu sudah dilalui. Perlahan namun pasti Adventuriderz sudah memasuki Kota Trenggalek yang kemudian dilanjutkan ke arah Tulungagung. Jarak antara Trenggalek dan Tulungagung nggak begitu jauh sehingga bisa dengan cepat dilalui. Dari Tulungagung, Adventuriderz memilih mengambil jalan ke arah Kediri dan bermalam di sana. Pertimbangannya jarak dari Kediri menuju Nongkojajar-Tosari via Pare dan Batu lebih dekat jika dibandingkan lewat Blitar dan Malang. Yups, Adventuriderz memang akan masuk ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru melalui pintu Tosari, dan jika memungkinkan akan naik ke B29 lewat Ranu Pane. Last, total jarak tempuh di hari kesembilan hampir 300 kilometer. Cukup menguras tenaga…


Advertisements