• Home »
  • Article »
  • Motor Adventure Royal Enfield Himalayan Tertangkap Kamera, Ini Wujudnya!

Motor Adventure Royal Enfield Himalayan Tertangkap Kamera, Ini Wujudnya!

Royal-Enfield-Himalayan-005

Sobat sekalian, Royal Enfield merupakan pabrikan motor asal India yang dikenal konsisten dalam memproduksi motor-motor bergaya klasik. Namun, kini Royal Enfield juga terpantau sedang mengembangkan motor adventure dengan nama Royal Enfield Himalayan. Bagaimana wujud dari motor adventure buatan Royal Enfield itu?

Beruntung sekali penampakan Royal Enfield Himalayan sudah beberapa kali tertangkap kamera. Terakhir, motor itu tertangkap kamera seperti gallery di bawah ini sob. Memang kalau dilihat sekilas dengan berbagai kamuflase yang ada, Royal Enfield Himalayan sebagai motor adventure masih kuat menonjolkan unsur klasik. Penampilannya nggak seperti motor adventure modern buatan barat yang tampak futuristis.

Royal Enfield Himalayan mengusung mesin satu silinder dengan kapasitas 410 cc berpendingin udara. Tenaga yang dikeluarkan oleh mesin ini nggak terlalu besar, hanya 28 HP dengan transmisi yang diyakini 5-percepatan. Ya, Royal Enfield Himalayan memang menawarkan arsitektur yang sederhana tanpa perlengkapan elektronik yang kompleks layaknya motor-motor adventure modern. Pokoknya ya cuma seperti motor dengan fungsi dasar saja.

Nah, kesederhanaan Royal Enfield Himalayan ini malah memberikan keuntungan lho sob, di antaranya harga pasti bakal jauh lebih terjangkau, perawatan lebih mudah, biaya operasional untuk menjalankannya juga lebih murah. Mesin sederhana yang dipasang pada Royal Enfield Himalayan juga membuat bobotnya menjadi ringan, dipadu dengan sasis tubular dari bahan dasar besi dan desain yang spartan membuatnya cukup menarik untuk dipinang jika diluncurkan nanti.

Salah satu hal yang cukup menarik adalah Royal Enfield Himalayan sudah menggunakan suspensi mono shock pada bagian belakang, keluar dari kebiasannya yang selalu menggunakan suspensi stereo pada seluruh lineup produk. Kalau dilihat di foto, bagian knalpot sepertinya masih perlu direvisi. Knalpot yang ada sekarang menjulang tinggi di sisi kanan. Itu bakal menyulitkan rider jika memasang pannier atau box dengan ukuran besar.

Di India, Royal Enfield Himalayan diperkirakan dibandrol dengan harga sekitarUS$ 3.900 atau sekitar Rp 55 jutaan dengan asumsi kurs saat ini yang mencapai lebih dari Rp 14.000 per dolar Amerika Serikat. Bagaimana jika nanti masuk ke Indonesia? Kemungkinan harganya ya bisa lebih mahal lagi. Mungkin mencapai Rp 100 jutaan.


Advertisements