Ducati Multistrada 1200 Enduro, Penantang BMW R 1200 GS Adventure?


Ducati-Multistrada-1200-Enduro-003

EICMA 2015 di Milan yang digelar setiap tahun merupakan salah satu ajang pameran otomotif, khususnya roda, terbesar di dunia. Jadi nggak mengherankan kalau berbagai pabrikan dari berbagai belahan dunia berlomba-lomba memperkenalkan produk terbarunya di pameran akbar ini, tidak terkecuali bagi pabrikan asal Italia, Ducati.

Yups, dalam EICMA 2015, produsen motor eksotis asal Italia itu memperkenalkan Ducati Multistrada 1200 Enduro. Ini merupakan motor bertipe maxi-enduro tourer pertama yang diproduksi oleh Ducati. Satu hal yang berbeda dengan Ducati Multistrada 1200 versi standar, Ducati Multistrada 1200 Enduro memiliki kemampuan off road yang jauh lebih baik, meskipun keduanya punya desain yang bisa dibilang identik. Bisa jadi Ducati Multistrada 1200 Enduro dibuat oleh Ducati untuk menyaingi BMW R 1200 GS Adventure atau KTM 1190 Adventure yang memang menjadi penguasa di segmen maxi-enduro tourer.

Apa saja sih yang ditawarkan oleh Ducati Multistrada 1200 Enduro? Nah, motor ini dibangun untuk bisa menangani kondisi jalan off road sekaligus menawarkan kualitas berkendara yang nyaman. Motor ini memang cocok untuk melakukan perjalanan adventure jarak jauh karena memiliki suspensi semi-active elektronik buatan Sach baik di bagian depan maupun belakang dan kapasitas tangki bahan bakar yang cukup besar mencapai 30 liter. Jika tangki bahan bakar diisi penuh, Ducati Multistrada 1200 Enduro mampu menempuh perjalanan hingga 450 kilometer. Tangki bahan bakar yang besar ini tentu saja menguntungkan karena ketika adventure umumnya sering melewati daerah remote yang jarang tersedia bahan bakar.

Untuk mendukung kemampuan off road, Ducati Multistrada 1200 Enduro dilengkapi dengan velg jari-jari berdiameter 19 inch di bagian depan dan 17 inch di bagian belakang plus menggunakan twin-sided swingarm. Di bagian mesinnya, Ducati masih mengandalkan mesin 1200 cc dua silinder yang mampu mengeluarkan tenaga hingga 160 HP, lengkap dengan berbagai settingan elektronik yang bisa mendukung kualitas berkendara. Terus, mampukah Ducati Mulitstrada 1200 Enduro menjungkalkan BMW R 1200 GS Adventure? Kita tunggu saja ke depannya ya…


Advertisements