• Home »
  • Article »
  • Husqvarna 701 Enduro 2016, Siap Melibas Off Road dan Aspal Sekaligus!

Husqvarna 701 Enduro 2016, Siap Melibas Off Road dan Aspal Sekaligus!



Husqvarna-701-Enduro-006

Husqvarna Motorcycle, produsen motor asal Swedia yang kini sahamnya dimiliki oleh KTM, kembali memasuki pasar motor dual sport dengan memperkenalkan Husqvarna 701 Enduro 2016. Motor ini sebenarnya sudah diluncurkan sejak Oktober 2015 lalu, tapi kemudian diperkenalkan kembali kepada publik di pameran EICMA 2015 di Milan.

Husqvarna 701 Enduro dibuat dengan menggabungkan antara peralatan yang canggih dengan bodywork unik. Dia mengusung mesin satu silinder dengan kapasitas 690 cc yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 67 HP. Mesin ini sebenarnya sama persis dengan mesin KTM Duke 690 yang sudah lebih dahulu dilempar ke pasaran. Menariknya, mesin Husqvarna 701 Enduro sudah dilengkapi dengan pengapian dua busi, mapping engine yang bisa dipilih sesuai selera, dan throttle atau gas ride-by-wire yang membuat respon gas menjadi lebih ringan. Mesin ini memungkinkan rider dapat dengan mudah melibas jalur off road ketika adventure sekaligus nyaman ketika digunakan sebagai kendaraan komuter di jalanan aspal di perkotaan.

Sasis Husqvarna 701 Enduro bertipe trellis yang dibuat dengan bahan dasar high-grade chromium-molybdenum steel. Konon sasis ini memiliki bobot yang ringan dan lentur, sehingga enak diajak bermanuver di jalur off road maupun on road. Swingarm-nya pun terbuat dari bahan dasar alumunium yang super ringan namun kuat, dipadu dengan suspensi buatan WP baik depan maupun belakang. Pada bagian kaki-kaki, Husqvarna memilih memasangkan ban Continental TKC 80 yang dipadu dengan velg berdiameter 21 inch pada bagian depan dan 18 inch pada roda belakang. Memang ukuran velg ini menjadi standar bagi kebanyakan motor dual sport (trail).

Kalau sobat memperhatikan di foto maupun video yang ada di bawah, Husqvarna 701 Enduro sudah dilengkapi dengan lampu depan, lampu belakang, lampu sign, dudukan plat nomor, hingga spion. Artinya, motor ini legal digunakan di jalan raya. So, rider yang mengendarai Husqvarna 701 Enduro bisa leluasa menggunakan motor ini kemanapun. Nggak takut melibas jalur off road dan nggak perlu cemas ditilang polisi ketika lewat jalan raya.

Oh ya satu lagi nih mas bro, coba deh cek video komersial Husqvarna 701 Enduro, walaupun kubikasi mesin mencapai 700 cc, namun motor ini terlihat begitu ringan, enak buat manuver, bahkan terbang sekalipun. Mungkin efek dari peralatan yang dijejalkan pada Husqvarna 701 Enduro memang unggulan dan sangat ringan. Selain itu, suara mesin juga halus banget untuk ukuran motor 700 cc. Apakah akan masuk Indonesia? Tentu saja sangat mungkin. Toh di Indonesia sudah ada perwakilan Husqvarna melalui Husqvarna Motor Indonesia yang selama ini sudah cukup gencar memasarkan motor off road.


Advertisements