• Home »
  • Article »
  • Montesa 4RIDE, Perpaduan Antara Trail dan Trials… Pakai Mesin Honda!

Montesa 4RIDE, Perpaduan Antara Trail dan Trials… Pakai Mesin Honda!


Montesa-4RIDE-008

Sudah pernah mendengar brand motor dengan nama Montesa? Kalau belum mungkin kita sama mas bro. Saya juga nggak begitu paham dengan brand yang satu ini. Kalau nggak salah brand Montesa berasal dari Australia yang fokus pada tipe motor trials. Perlu diingat trials memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan trail yang sudah umum dipakai oleh rider di Indonesia.

Di pameran otomotif EICMA 2015 yang digelar di Milan, Montesa memperkenalkan produk terbarunya yang diberi nama Montesa 4RIDE. Kalau diperhatikan, desain dari Montesa 4RIDE ini cukup unik, karena merupakan perpaduan antara motor trail dan trials. Coba saja tengok pada bagian body, sangat identik dengan motor trail yang memiliki ciri body ramping, shroud tajam, tinggi, hingga jok tipis yang memanjang ke belakang. Tapi begitu melihat pada bagian kaki-kaki, terutama sektor ban, Montesa 4RIDE mengusung ban khas motor trials. Ban yang digunakan bertipe dual purpose dengan ukuran bagian belakang lebih besar dibandingkan dengan bagian depan. Ciri khas trails lainnya di motor ini bisa dilihat di bagian fender depan. Fendernya nggak tinggi kayak motor trail, tapi malah sangat rapat dengan ban depan. Apalagi ditambah dengan suspensi depan yang masih menganut model teleskopik. Klop banget dengan motor trials.

Menariknya lagi nih ya bro, selain menggunakan sasis twin spar, Montesa 4RIDE juga mengusung mesin silinder tunggal berkapasitas 259 cc buatan Honda. Bener banget, nggak salah lagi mas broo… Buatan Honda… So, nggak perlu diragukan lagi deh kehandalannya. Mesin yang sama sebenarnya sudah terpasang pada produk Montesa yang lainnya, yaitu motor trials Montesa 4RT260. Nggak tau deh mesin ini sama dengan mesin Honda yang mana. Mungkin sama dengan punya Honda CRF250L kali yah? Nggak mengherankan juga sih kalau mesin yang diusung oleh Montesa 4RIDE diklaim cukup irit. Dengan kapasitas tangki bahan bakar yang cuma 4,4 liter, Montesa 4RIDE mampu menempuh jarak sejauh 120 kilometer. Sangat lumayan!!

Keunikan lain yang terdapat pada Montesa 4RIDE adalah motor ini memiliki bagasi yang terletak di bawah jok. Memang bagasinya nggak besar, tapi sudah cukup untuk menyimpan setidaknya jaket dan sarung tangan. Tentu saja Montesa 4RIDE memiliki kemampuan melibas jalanan off road yang cukup mumpuni. Selain itu, motor ini juga tergolong road legal, lengkap dengan pernak-pernik seperti spion, lampu utama, lampu belakang, lampu sign, hingga klakson. Jadi motor ini termasuk cocok untuk kendaraan komuter di kota.

Kalau dilihat dari bentuk dan fungsinya, mungkin motor yang modelnya seperti Montesa 4RIDE ini sebagai jembatan antara motor trials dan motor trail/enduro. Sekarang sih di pasaran sudah ada motor dengan genre campuran seperti itu, yakni pada KTM Freeride. Walaupun pada KTM Freeride kalau menurut saya masih lebih kental nuansa enduro-nya. Oh ya, di Eropa, Montesa 4RIDE dijual dengan harga 7.500 euro atau setara dengan Rp 110 juta sekian (asumsi kurs Rp 14.700 per euro). Memang tergolong mahal yah, dan motor ini baru akan tersedia di pasaran pada Februari 2016…


Advertisements