• Home »
  • Article »
  • Astra Honda Motor: Kalau Ingin Motor Trail, Sudah Ada dari Kawasaki

Astra Honda Motor: Kalau Ingin Motor Trail, Sudah Ada dari Kawasaki

Honda-CRF150F-001

Harapan pecinta motor garuk tanah di Indonesia yang ingin melihat Astra Honda Motor (AHM) memasarkan motor trail sepertinya mulai pudar mas bro. Pasalnya, Direktur Marketing AHM Margono Tanuwijaya mengaku AHM belum berniat memasarkan atau memproduksi motor trail. Ungkapan itu terlontar ketika AHM mengadakan acara Honda Bikers Day 2015 di Pantai Telengria Pacitan seperti yang ditulis oleh Mas Iwan Banaran.

Sebelumnya memang santer dikabarkan kalau AHM berencana memasarkan motor trail Honda CRF series, ntah itu CRF150 ataupun CRF250. Motor itu memang jadi andalan Honda di berbagai negara di dunia untuk segmen motor garuk tanah. Tapi Pak Margono kemudian menepis kabar itu dan mengatakan kalau itu hanyalah isu. Malah Pak Margono mengungkapkan, kalau memang ingin membeli motor trail, sudah ada pabrikan Jepang lain yang bermain, siapa lagi kalau bukan Kawasaki. Weeeh lhaaa… “Itu hanya isu, kita belum memikirkan ke arah sana. Kebanyakan segmen takutnya malah tidak fokus. Ada skala prioritas. Kalau ingin trail, kan ada teman-teman Kawasaki,” ujarnya.

Segmen pasar motor trail memang ada, tapi nggak begitu besar. Pemain utama di segmen ini adalah Kawasaki, kemudian ditempel oleh brand lokal yang sedang naik daun di segmen trail, VIAR. Nah, ungkapan Pak Margono ini juga bukan harga mati kok. Mungkin saja di masa depan segmen pasar motor trail terus tumbuh dan membuat AHM tertarik bermain di sana mendampingi Kawasaki. “Yah, selama pasar menginginkan pasti dipertimbangkan,” tutur dia.

Kalau menurut saya, ungkapan Pak Margono bisa saja benar, AHM belum tertarik masuk ke segmen trail karena pasarnya yang belum luas. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sendiri kini mendistribusikan KLX150 dan D’Tracker 150 kurang lebih 4.000-an unit per bulan. Angka yang terlalu kecil untuk diperebutkan bagi pabrikan besar seperti AHM. Namun, bisa saja ungkapan ini hanyalah upaya untuk mengaburkan pergerakan AHM dari kompetitor. Honda CRF150 dengan mesin Verza masih tetap menarik kan mas bro? Hehehe…

Honda-CRF250L-005


Advertisements