Andalkan TRK 502, Benelli Ikut Terjun di Segmen Adventure Bike


Benelli-TRK-502-001

Motor bergenre adventure memang sedang mewabah di mana-mana. Alasannya simpel mas bro, motor jenis ini bisa menjadi teman ke berbagai destinasi pilihan, termasuk ke daerah-daerah pelosok dengan pemandangan yang masih memukau. Mau lewat jalan aspal mulus jarak jauh ayo, lewat jalur off road pun nggak ada masalah. Nggak heran kalau berbagai pabrikan motor meluncurkan produk motor adventure. Mulai dari BMW Motorrad, KTM, Triumph, Ducati, Honda, Yamaha, Kawasaki, hingga Suzuki semua memiliki produk motor adventure atau biasa disebut juga dengan adventure-tourer.

Euforia motor adventure rupanya juga mewabah ke brand-brand asal China, salah satunya Benelli. Memang Benelli awal mulanya merupakan brand yang berasal dari Italia. Tapi kini Benelli sepenuhnya dimiliki oleh salah satu raksasa otomotif di China, Qianjiang. Basis produksi motor-motor Benelli pun dipindah ke China agar biaya produksi menjadi lebih rendah, sehingga produk-produk Benelli bisa diterima dengan baik di pasar-pasar negara berkembang.

Kembali ke bahasan motor adventure… Pada pameran otomotif EICMA 2015 di Milan, Benelli memperkenalkan TRK 502, sebuah motor adventure yang menggunakan mesin dua silinder 500 cc berpendingin cairan. Mesin ini konon mampu mengeluarkan tenaga hingga 47 HP. Desain Benelli TRK 502 sendiri cukup menarik layaknya motor adventure besar macam BMW R 1200 GS dengan bagian fairing depan yang runcing dan windshield cukup tinggi. Menariknya, motor dengan sasis trellis sudah dilengkapi dengan suspensi upside down dan double disc brake pada rode depan. Askesoris seperti handguard dan side box sepertinya juga akan menjadi fitur standar bagi Benelli TRK 502 sebagai pelengkap kegiatan adventure. Kalau dilihat sekilas sepertinya ban Benelli TRK 502 menggunakan ukuran rim 17 inch di bagian belakang dan 19 inch di bagian depan. Ukuran yang sama lah dengan motor-motor adventure besar buatan brand Eropa.

Mungkinkah Benelli TRK 502 diboyong ke Indonesia? Harusnya sih sangat mungkin ya. Apalagi animo orang Indonesia terhadap motor adventure seperti ini sudah sangat tinggi. Apalagi jaringan pemasaran Benelli juga sudah cukup banyak. Sangat sayang kalau nggak sekalian mengisi lineup produk dengan Benelli 502. Asal setup harganya pas, kemungkinan laku cukup besar. Tapi bakal lebih menarik lagi kalau Benelli sudi membuat motor serupa dengan kubikasi mesin 250 cc. Tinggal pakai basis Benelli TnT 250 saja yang sudah ada. Pasti bakal lebih rame karena harganya juga lebih murah.

Benelli-TRK-502-003


Advertisements