Honda CRF1000L Africa Twin, Terlalu Cantik untuk Bermain Lumpur


Honda-CRF1000L-Africa-Twin-EICMA-2015-001

Honda CRF1000L Africa Twin memang menjadi salah satu motor yang paling dinanti pada tahun ini. Di gelaran pameran otomotif EICMA 2015 di Milan, Honda memamerkan produk terbarunya yang bergenre adventure ini!! Berbeda dengan Africa Twin versi lawas yang mengusung mesin v-twin, Africa Twin edisi terbaru menggunakan mesin parallel-twin.

Beberapa kalangan merasa kecewa karena Honda tidak lagi mengaplikasikan mesin v-twin yang memang sudah menjadi bagian sejarah Africa Twin sejak lama. Akan tetapi, Honda sepertinya membungkam anggapan itu dengan membuat New Africa Twin yang sangat cantik, lengkap dengan berbagai fitur penunjang yang cukup WAHH! Coba saja bandingkan dengan motor adventure lainnya seperti BMW R 1200 GS Adventure atau KTM 1190 Adventure R yang cuma kelihatan sangar, kekar, dan nggak ada cantiknya sama sekali. Bahkan saking cantiknya, saya menilai Africa Twin sangat sayang kalau harus bermain lumpur dan debu ketika adventure.

Nah, bisa dikatakan Honda CRF1000L Africa Twin tegolong mesin adventure kategori menengah. Ukurannya ya memang besar, tapi nggak sebesar BMW R 1200 GS Adventure yang menjadi motor paling sukses di pasaran motor adventure-tourer dunia. Mesin Honda CRF1000L Africa Twin berkapasitas 998 cc dua silinder segaris yang dilengkapi dengan pendingin cairan. Mesin ini mampu mengeluarkan power 94 HP/7.500 rpm dan torsi sebesar 98 Nm/6.000 rpm. Memang nggak besar, tapi sudah lebih dari cukup untuk sebuah motor adventure-tourer.

Walaupun ukurannya lebih kecil, namun Honda CRF1000L Africa Twin menurut saya bakal mampu merecoki pasar motor adventure-tourer yang kini masih dikuasai oleh BMW. Akankah masuk Indonesia? Harusnya sih iya… Astra Honda Motor (AHM) yang sedang getol mempromosikan Honda Big Bike rasanya nggak perlu ragu lagi membawa Africa Twin ke sini!!


Advertisements