AJP Motos Perkenalkan Motor Adventure-Tourer Bernama PR7

AJP-PR7-001

Di industri otomotif roda dua dunia nama AJP Motos memang nggak begitu dikenal. Akan tetapi pabrikan yang berasal dari Portugal ini masih tetap eksis dalam memproduksi motor, khususnya motor off road, baik itu untuk enduro maupun motocross. Kali ini AJP Motos memperkenalkan model terbarunya yaitu AJP PR7 yang merupakan motor bertipe adventure-tourer. Gila memang, berbagai pabrikan di dunia berlomba-lomba memberikan pilihan produk untuk tipe motor adventure-tourer yang sedang sangat digandrungi pasar!

AJP PR7 yang sudah diperkenalkan ini memang baru sekedar prototype. AJP mendeskripsikan PR7 sebagai sebuah motor adventure-tourer yang lebih berorientasi off road. Artinya, motor ini punya kemampuan off road yang sangat baik, ringan, ringkas, lincah, dan nyaman. Di samping itu, AJP PR7 juga bisa membawa bagasi berupa side box maupun pannier box dan bisa dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

Pada sektor mesin, AJP PR7 menggunakan mesin DOHC satu silinder dengan kapasitas 600 cc berpendingin radiator. Konon mesin ini dibuat oleh Speedy Working Motorcycle (SWM), pabrikan motor lainnya yang berasal dari Italia. Kalau ditarik benang merah, kemungkinan besar mesin yang dipasang di AJP PR7 sama persis dengan mesin pada motor adventure-tourer SWM Superdual.

Kalau dilihat desainnya, AJP PR7 tergolong masih sangat kaku. Desainnya nggak dinamis sama sekali dibandingkan dengan motor-motor adventure-tourer modern. Kalau lihat desain motor seperti ini, saya jadi teringat oleh motor-motor yang biasa digunakan pada ajang balap Rally Dakar. Walaupun desainnya kurang menarik, tapi siapa sangka kalau AJP PR7 sudah menggunakan sasis berbahan aluminium dan suspensi depan fully adjustable. Suspensinya sendiri konon dibuat oleh Sach, meski untuk prototype menggunakan Marzocchi.

AJP Motos mengklaim kalau AJP PR7 memiliki bobot basah yang cuma 165 kilogram, dengan kapasitas tangki bahan bakar sebanyak 17 liter. Memang bobotnya sangat mengesankan, begitu ringan kalau dibandingkan dengan motor adventure-tourer sekelas yang biasanya berbobot 175-200 kilogram. Bisa jadi bobot yang ringan ini karena desain AJP PR7 yang super ringkas ditambah dengan bahan aluminium yang ringan dan kuat pada bagian sasis. Sayangnya, AJP PR7 belum akan tersedia di pasaran hingga September 2016.


Advertisements