WR150R dan WR150X, Senjata Terakhir Yamaha Rajai Segmen Sport


Yamaha-WR125R-005

Mungkin mas bro sekalian sudah pada tahu, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sudah mulai terdesak dengan berbagai aksi Astra Honda Motor (AHM) dalam memperebutkan tahta motor sport nasional. Bahkan pada bulan Oktober 2015, data distribusi dari AISI menunjukkan Honda New CB150R mampu menumbangkan motor sport andalan Yamaha, New V-Ixion Advance (NVA). Memang sih dalam waktu dekat Yamaha akan meluncurkan motor baru yang disebut-sebut sebagai MT-15. Tapi, Yamaha masih punya senjata terakhir kalau memang sudah kepepet. Apa itu?

Yups, motor yang bisa menjadi senjata terakhir Yamaha untuk tetap menjadi raja di segmen motor sport nasional adalah WR150R dan WR150X. Keduanya memang belum pernah ada sebelumnya. Tapi ingat, di pasar Eropa sudah ada WR125R (dual sport) dan WR150R (supermoto). Itu sama kasusnya kayak R125 dan MT-125 di Eropa tapi kemudian di Indonesia terdapat R15 dan (mungkin nanti) MT-15.

Kalau R15 dan MT-15 bisa dibuat di Indonesia, kenapa WR150R dan WR150X nggak bisa? Toh basis mesinnya sama, lha wong sama-sama menggunakan mesin V-Ixion yang sudah bertahun-tahun menjadi raja motor sport nasional. Segmen motor dual sport dan supermoto memang nggak begitu besar. Tapi segmennya sudah ada dan matang. Apalagi kedua tipe motor itu sedang cukup booming. Bukan nggak mungkin pangsa pasarnya akan terus bertambah. Saat ini segmen motor dual sport dan supermoto sedang dinikmati oleh Kawasaki melalui KLX150 series dan D’Tracker. Tanpa pesaing, Kawasaki dengan santai membandrol KLX150 series dan D’Tracker pada rentang harga Rp 28-31 juta on the road Jakarta. Harga yang sebenarnya terlalu tinggi untuk motor dengan mesin lemot seperti itu.

Sekarang tinggal menunggu aksi Yamaha saja, mau nggak ikutan terjun di segmen motor dual sport dan supermoto. Mungkin bakal terjun juga nantinya kalau memang sudah sangat terdesak oleh aksi Honda. Jika memang mau membuat WR150R dan WR150X menggunakan mesin V-Ixion, ada baiknya kalau Yamaha membandrol motor itu dengan harga yang nempel dengan KLX150 series dan D’Tracker. Pasti bakal laris-manis deh!

 Yamaha-WR125X-001


Advertisements