Ini Ternyata Part Subtitusi Stang Seher dan Piston Kawasaki KLX150…


Setang_Seher_KLX_Rawan_Patah

Selamat siang teman-teman… Saya baru baca Motorplus Online, sebagai pengguna Kawasaki KLX150L, baru tahu kalau ternyata stang seher motor trail andalan Kawasaki ini rawan patah. Alhamdulillah sampai sekarang sih masih normal-normal aja. Mungkin rawan patah itu untuk penggunaan di medan off road yang ekstrim kali ya…

Nah kalau memang motor Kawasaki KLX150 mas bro mengalami patah stang seher atau pas kebetulan ingin ganti stang seher, ada tips untuk menggantinya dengan stang seher Yamaha Mio. Lho memang sama? Konon, panjang dan ketebalan stang seher bawaan Kawasaki KLX150 nyaris sama dengan punya Yamaha Mio. Hanya saja tetap perlu “mengakali” agar klop dengan ukuran asli punya Kawasaki KLX150, yaitu pada bagian lubang pen setang seher perlu diberi ring yang sesuai ukurannya.

“Gunakan saja dari bahan plat nomer bekas, sebagai pengganti ringnya. Lalu tinggal atur dengan ukuran pada lubang setang sehernya tersebut. Material bahannya tidak terlalu tebal, namun bisa ngepres setang seher dengan aman. Tidak seperti ring besi bawaannya yang lebih keras, “ kata Simbah Mail, tunner bengkel Simbah Mail #126 Racing Team, Kuningan, Jawa Barat, seperti yang ditulis oleh Motorplus Online.

Lalu, part subtitusi apa lagi yang bisa diterapkan kepada Kawasaki KLX150? Setelah stang seher menggunakan punya Yamaha Mio, Simbah Mail memberikan saran agar piston Kawasaki KLX150 menggunakan punya Honda GL-Pro Neotech daripada punya Honda Tiger. Kata Simbah sih ujung piston Honda GL-Pro yang lebih jenong malah bagus dan membuat tonjokan tenaga menjadi lebih besar.

Monggo buat mas bro sekalian pengguna Kawasaki KLX150, bisa menggunakan part subtitusi Yamaha Mio untuk stang seher dan dari Honda GL-Pro untuk bagian piston. Tentu saja dua part subtitusi lintas pabrikan ini harganya lebih murah dibandingkan dengan part asli dari Kawasaki. Tertarik menerapkannya?

Kawasaki-KLX150L-001


Advertisements