Wow! BMW-TVS Kolaborasi Bikin Motor Adventure-Tourer?


BMW-F-800-GS-Adventure-002

Mas bro, kabar mengejutkan datang dari dua pabrikan berbeda negara, BMW Motorrad asal Jerman dan TVS dari India. Kenapa? Kedua pabrikan itu dikabarkan akan berkolaborasi membuat motor adventure-tourer. Jika kabar ini benar, bukan nggak mungkin nantinya di pasaran akan semakin banyak motor adventure-tourer dengan harga terjangkau!!!

Kerjasama antara BMW dan TVS bukanlah hal yang baru mas bro. Di pameran otomotif EICMA 2015 di Milan lalu kedua perusahaan memamerkan produk hasil kolaborasi mereka yang pertama dengan mengusung tipe naked sport, yaitu G 310 R. Tipe motor adventure-tourer memang patut dilirik oleh kolaborasi BMW-TVS karena segmen ini sedang sangat digandrungi oleh para rider di berbagai penjuru dunia, dan akan menjadi kabar gembira kalau motor adventure-tourer menjadi produk kedua bagi kolaborasi antara BMW dan TVS setelah G 310 R.

Memang betul BMW Motorrad sudah dikenal sebagai raja di kelas motor adventure-tourer, mulai dari kubikasi 650 cc, 700 cc, 800 cc, hingga yang tertinggi 1.200 cc macam BMW R 1200 GS Adventure. Tapi nih bro ya, BMW nggak bisa membuat motor dengan harga murah. Seluruh lineup motor BMW bisa dikatakan begitu mahal walaupun harus diakui kalau kualitasnya sangat jempolan. Di lain pihak, TVS bisa memproduksi motor dengan harga yang lebih terjangkau. So, kolaborasi antara BMW dan TVS ini diharapkan bisa menghasilkan motor adventure-tourer berkualitas baik namun tetap dengan harga yang masuk akal.

Rumornya, motor adventure-tourer yang sedang dikembangkan oleh BWM-TVS memiliki kubikasi mesin 500-600 cc. Belum jelas apakah motor ini akan menggunakan konfigurasi mesin parallel-twin atau v-twin. Atau mungkin lebih gila lagi dengan mesin big single seperti yang sudah dilakukan oleh KTM. Tapi kalau melihat motor-motor BMW yang berkubikasi rendah, kemungkinan besar sih parallel-twin mas bro. Semoga saja motor adventure-tourer BMW-TVS ini sudah nongol di EICMA tahun depan ya. Syukur kalau nanti pengembangannya merembet ke kubikasi mesin yang lebih kecil, misalnya 300 cc atau 250 cc. Kalau ada yang 250 cc pasti para petualang Indonesia pada ngiler deh pengen meminangnya.

BMW-F-800-GS-Adventure-001


Advertisements