Valenti RME 50, Mesin Kecil Cuma 50 cc Tapi Power Bisa 20 HP!


Valenti-Racing-RME-50-001

EICMA 2015 di Milan memang menjadi pameran yang sangat bergengsi bagi perbagai pabrikan motor di dunia. Pabrikan yang mengikuti pameran ini pun tidak hanya didominasi oleh nama-nama besar saja, tapi juga diikuti oleh berbagai pabrikan kecil yang belum banyak dikenal. Salah satunya adalah Valenti Racing.

Valenti Racing sebenarnya sudah didirikan sejak 1979 oleh Enzo Valenti. Namun, perusahaan yang berasal dari Italia itu selama ini hanya menjual produk-produk yang dibuat oleh produsen lain, khususnya di segmen motor off road. Hingga kini Valenti Racing pun masih setia menjual motor-motor off road buatan Suzuki. Valenti Racing kemudian baru benar-benar membuat produknya sendiri dengan kubikasi mesin 50 cc sejak tahun 2010. Dan sekarang produk buatan Valenti Racing termasuk salah satu yang cukup menarik untuk dipinang, khususnya dari kalangan pecinta motor off road mas bro. Bahkan produk motor 50 cc buatan Valenti Racing layak untuk dijadikan koleksi.

Kini terdapat dua produk Valenti Racing yang berkubikasi mesin 50 cc, yaitu RME 50 dan RME Race 50. Seperti motor-motor buatan Eropa lainnya, walaupun mengusung mesin yang kecil, tapi memiliki spesifikasi yang nggak main-main dan sekitar 90 persen komponen dibuat di Italia. Baik RME 50 maupun RME Race 50 sudah menggunakan frame, sub-frame, dan swingarm yang seluruhnya terbuat dari bahan dasar aluminium. Hal ini tentu saja membuat kedua motor berbobot sangat ringan. RME 50 cuma berbobot 83 kilogram, sedangkan RME Race 50 cuma 82 kilogram.

Nah, perbedaan mendasar antara RME 50 dan RME Race 50 terletak pada bagian radiator, di mana RME 50 menggunakan satu buah radiator, sementara RME Race 50 menggunakan dua buah radiator. Mesin sama-sama 2-stroke 50 cc, suspensi upside down (depan) dan mono shock (belakang), dan kedua model juga sudah dilengkapi dengan knalpot buatan Big One Racing. Meskipun motor ini mesinnya kecil, tapi sudah menggunakan ban dengan ring 18-21 inch, membuatnya seperti motor trail full size. Bahkan ketinggian jok RME 50 dan RME Race 50 mencapai 920 mm. Artinya apa? Ketinggian jok ini sama persis dengan motor VIAR Cross X 250 SE. Biyuuuh…

Satu hal lagi yang cukup mencengangkan, dua produk 50 cc dari Valenti Racing ini memiliki tenaga standar 8 HP. Akan tetapi, dengan sedikit custom dari pabrikan, tenaga motor bisa melonjak menjadi 20 HP!! Apa nggak edan tuh motor 50 cc punya tenaga 20 HP? Masih kurang? Valenti Racing memberikan opsi bore up kit agar kapasitas mesin membengkak menjadi 80 cc. Di Eropa sana, RME 50 dijual dengan harga mulai dari 4.285 euro atau kalau dikonversi kurang lebih setara dengan Rp 62,5 jutaan. Monggo cek saja foto-foto dan spesifikasi di bawah.


Advertisements