Mungkin Seperti Inikah Wujud VIAR Cross X 250 Versi Supermoto Itu?

VIAR-Cross-X-250-SF-001

Mas bro, kabar terbaru datang lagi dari pabrikan motor asal Semarang, VIAR Motor Indonesia. Sebelumnya saya sudah menulis tentang VIAR yang akan meluncurkan Cross X 150 SF road legal pada Januari 2016 mendatang. Kini ada rumor baru lagi nih mas bro. Seperti ditulis oleh Mas Iwan Banaran, kabarnya VIAR sedang mempersiapkan supermoto dengan kapasitas mesin 250 cc. Mungkin gampangnya kita bilang Cross X 250 Supermoto saja kali ya… Kemungkinan Cross X 250 Supermoto ini bakal diluncurkan pada tahun depan.

Terus, bakal seperti apa ya bentuk Cross X 250 Supermoto itu nanti? Apakah bentuknya serupa dengan motor trail Cross X 250 SE yang beredar sekarang? Kalau saya rasa sih nggak. Perkiraan saya malah kemungkinan wujudnya seperti Xmotos XT250YM, persis seperti foto terlampir di atas. Mesinnya sama-sama 250 cc, SOHC, 4-stroke, dan berpendingin cairan kayak punya Cross X 250 SE. Hanya saja sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi dan tenaganya kemungkinan sedikit lebih rendah daripada Cross X 250 SE.

Kalau mau dibikin supermoto gimana? Ya simple saja, tinggal ganti ban Xmotos XT250YM itu dengan ban tipe street lengkap dengan velg berdiameter 17 inch baik di bagian depan maupun belakang. Sudah beres? Belum… Sebagai sebuah supermoto haruslah legal digunakan di jalan raya. Tentunya VIAR harus melengkapinya dengan lampu utama, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, klakson, dan fender belakang sebagai dudukan plat nomor. Beres sudah…

Kok cukup yakin mas kalau misalnya VIAR bikin supermoto bakal berbasis Xmotos XT250YM? Ya nggak yakin banget sih… Peluang melesetnya masih besar juga kok. Tapi memang sudah ada indikasi ke arah sana. Motor versi off road Cross X 250 SF (sebut saja demikian), yang wujudnya mirip dengan Xmotos XT250YM, kabarnya sedang diuji secara intensif oleh VIAR. Malah satu unit motor sudah wira-wiri digunakan untuk off road di wilayah Jawa Tengah sana. Hal itu diperkuat oleh pengunjung blog yang sudah pernah menguji motor Cross X 250 SF di pabrik VIAR Semarang sekitar Juni 2015 lalu. “Saya sudah test ride motor ini mas tyo, di pabrik viar semarang.. kita tunggu saja apa jadi di ambil sama viar atau tidak, semoga jadi di ambil viar, karena lebih mantap ini dari pada CX250,” ujar pengunjung blog di postingan Xmotos XT250YM.

Jika benar VIAR ingin jual supermoto 250 cc, pemilihan Cross X 250 SF/Xmotos XT250YM sebagai basisnya saya anggap lebih masuk akal. Kenapa? Seat height motor ini jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan Cross X 250 SE yang mencapai 920 mm. Asli, buat kebanyakan orang Indonesia bakal keder nunggang Cross X 250 SE. Buat yang biasa main off road, apalagi pengguna motor-motor CBU sih tak jadi soal. Tapi kalau untuk pengguna awam dan targetnya pengguna biasa (untuk dipakai di jalan raya/supermoto), tentu bakal menyulitkan kalau terlalu tinggi.

Info lainnya, VIAR juga bakal memasarkan motor trail Cross X 250 yang menggunakan frame dan swingarm aluminium pada tahun depan. Ini juga bukan kabar baru sebenarnya. Malah motor yang disebut-sebut sebagai Cross X 250 R itu kalau nggak salah sudah digunakan oleh Om Piters Tanujaya dalam berbagai kejuaraan off road, termasuk Asian Motocross Championship 2015 di Palembang. Ya sudah kita tunggu saja kehadiran Cross X 250 Supermoto dan Cross X 250 R tahun depan.

VIAR-Ladies-and-Cross-X-250-SE-001


Advertisements