Ketika Kawasaki D’Tracker Berubah Wujud Jadi Motor Off Road…


kawasaki-d-tracker-2011

Hola mas bro… Dalam dunia modifikasi berbagai hal bisa dibolak-balik sesuai dengan si empunya motor. Misalnya saja sebuah motor trail/off road bisa diubah menjadi supermoto yang siap nyaman digunakan di jalan raya. Bisa juga sebaliknya, sebuah motor bergenre supermoto diubah menjadi motor off road yang beringas. Nah, kali ini yang akan kita bahas adalah modifikasi sebuah supermoto menjadi motor off road!

Seperti dikutip dari Motorplus Online, Bang Frans Loho, salah seorang pengusaha toko susu di Pematang Siantar (Sumatera Utara) memodifikasi Kawasaki D’Tracker miliknya menjadi sebuah motor off road yang siap melibas berbagai kondisi medan. Modifikasi yang dilakukan oleh Bang Frans ini diserahkan kepada rumah modifikasi Rezi Custom (RC), milik salah seorang off roader ternama Rendra Fitra Yugo. Bagaimana hasilnya?

Kawasaki D’Tracker yang berbentuk mungil itu kini menjadi sebuah motor off road yang garang mas bro. Pada bagian body menggunakan parts milik KTM EXC 250, mulai dari batok lampu, body kit, dan front fender, sedangkan bagian tangki dan rear fender pakai punya Kawasaki KLX150L. Tidak lupa pada bagian body diberi decal yang cukup khas dengan motor garuk tanah.

Untuk menunjang kebutuhan bermain di area off road, D’Tracker milik Bang Frans dipasangi suspensi upside down milik Honda CR85 Racing Klein. Konon pengaplikasian suspensi depan Honda CR85 di Kawasaki D’Tracker tidak perlu dilakukan ubahan apapun alias plug and play. Nggak mengherankan kalau penampilannya menjadi begitu kekar dan tampak jangkung. Pada suspensi belakang, Rezi Custom mengandalkan suspensi mono shock milik Kawasaki KX85 ditambah dengan swingarm custom berbahan plat setebal 8 mm, lengkap dengan sistem Unitrack pastinya. Dengan konfigurasi ini, motor sudah cukup kuat diajak anjrut-anjrutan di jalur off road.

Asyiknya nih ya mas bro, frame Kawasaki D’Tracker milik Bang Frans tidak diubah sama sekali. Part lain yang dipasangkan pada Kawasaki D’Tracker antara lain stang Renthal Twin Wall, knalpot Norifumi Double Silincer, handle rem Zeta Racing, gas spontan TDR, serta ban Maxxis ukuran 100/100-18 di bagian belakang dan 90/80-21 di bagian depan. Gimana, keren kan? Si motor spesialis aspal pun siap bermain lumpur di jalur off road!

kawasaki-d-tracker-2011-2


Advertisements