Review: Gloves Respiro Combusto, Nyaman untuk Riding Harian…

Respiro-Combusto-009

Well, sarung tangan atau gloves merupakan piranti yang cukup penting ketika riding dengan motor. Selain melindungi kulit dari terjangan sinar matahari, gloves juga sangat berguna melindungi tangan jika terjadi kecelakaan. So, pastikan mas bro semua menggunakan gloves ya ketika riding dengan motor kesayangan. Paling tidak bisa memproteksi jika musibah menimpa.

Nah, kali ini saya akan membahas salah satu riding gloves buatan brand lokal, Respiro, yang bernama Respiro Combusto. Riding gloves yang satu ini saya pakai buat cadangan ketika melakukan ekspedisi National Park Explorer sejauh 4.000 kilometer di bulan Agustus 2015 lalu. Untuk riding gloves utama sih saya pakai Respiro RS ONE yang terbuat dari bahan dasar kulit dan dilengkapi protektor. Tapi kita bahas Respiro Combusto dulu deh, Respiro RS ONE-nya nanti menyusul.

Pada dasarnya Respiro Combusto merupakan riding gloves yang cukup sederhana, terbuat dari bahan dasar kain yang dilengkapi dengan kulit sintetis pada bagian telapak tangan. Kulit sintetis ini berguna agar tangan nggak terasa licin ketika menggenggam handlebar mas bro. Soal desain memang nggak neko-neko, sangat minimalis. Respiro Combusto punya saya berwarna hitam dengan sedikit akses warna biru muda di bagian punggung tangan berbentuk segitiga dan garis kecil di bagian jari-jari. Kalau mas bro perhatikan, Respiro Combusto nggak dilengkapi dengan protektor. Ya wajar saja, karena Respiro Combusto didesain untuk riding harian  saja, walaupun bisa juga dipaksakan untuk touring misalnya. Terus bagaimana impresi menggunakan sarung tangan Respiro Combusto?

Dalam perjalanan National Park Explorer yang lalu saya memang cukup jarang menggunakan Respiro Combusto. Mungkin hanya beberapa kali saja ketika cuaca memang kurang bersahabat atau ketika hujan. Selebihnya Respiro Combusto lebih banyak digunakan untuk riding harian saja di dalam kota mas bro. Saat dipakai, Respiro Combusto tergolong nyaman, meski ukuran yang paling besar (XL) masih sedikit kekecilan buat jari tangan saya yang panjang-panjang. So far masih cukup oke lah, cuma kurang besar sedikit saja. Ketika memegang handlebar kulit sintetis yang ada di telapak tangan bisa bekerja dengan baik, sehingga nggak ada gejala tangan meleset atau licin waktu menggenggam handlebar. Kalau kita memegang handlebar dengan mantap, tentu saja riding akan menjadi lebih aman dan nyaman. Iya kan?

Salah satu hal yang saya sukai ketika menggunakan Respiro Combusto adalah tangan tetep adem walaupun riding di jalanan perkotaan yang panas dan macet sekalipun. Bahannya yang lembut dan terbuat dari kain membuat udara bisa masuk dengan mudah. Pokoknya anti gerah deh… Gimana kalau untuk riding di daerah pegunungan? Berdasarkan pengalaman saya yang pernah menggunakan Respiro Combusto ketika berada di Dataran Tinggi Dieng, nggak jadi masalah menggunakan sarung tangan ini untuk riding di pegunungan pada siang hari. Tapi kalau malam hari nggak direkomendasikan karena hembusan udara dingin pegunungan bisa masuk dengan mudah. Apalagi kalau kabut mulai turun, udara yang bercampur embun seperti terjebak di dalam sarung tangan. Imbasnya tangan menjadi super dingin mas bro.

Respiro-Combusto-007

Oh ya, bahan dasar Respiro Combusto yang terbuat dari kain memang memberikan keuntungan tersendiri. Selain menjaga tangan tetap adem kala berpanas-panasan atau bermacet-macet ria, mas bro juga nggak perlu was-was menggunakan Respiro Combusto ketika musim hujan seperti sekarang. Sarung tangan ini memang nggak waterproof alias bakal basah kuyup kalau terkena hujan. Tapi, mas bro nggak perlu khawatir tangan belepotan berwarna hitam ketika sarung tangan basah kehujanan seperti saat menggunakan sarung tangan dari bahan dasar kulit. Toh sarung tangan ini tetap ngegrip walaupun dalam kondisi basah kuyup. Ini lho yang jadi alasan saya menggunakan Respiro Combusto untuk cadangan ketika ekspedisi National Park Explorer dan hanya digunakan ketika cuaca kurang bersahabat. Soalnya kalau hujan-hujanan maksa pakai Respiro RS ONE dijamin tangan belepotan warna hitam semua.

Last, sarung tangan Respiro Combusto memang lebih cocok dan nyaman digunakan untuk riding sehari-hari, karena memiliki desain yang simple, stylist, bisa menyerap keringat, dan sirkulasi udaranya baik. Respiro Combusto juga cocok digunakan pada musim hujan seperti sekarang karena bahannya cukup cepat kering dan yang jelas nggak membuat tangan belepotan dalam kondisi basah. Sedangkan untuk keperluan touring atau perjalanan jarak jauh sebaiknya gunakan sarung tangan yang sudah dilengkapi protektor. Kalau mas bro berminat meminang Respiro Combusto, bisa coba datang langsung saja ke Respiro Store terdekat. Harganya tergolong murah kok, cuma Rp 93.500 saja.


Advertisements