• Home »
  • Article »
  • Saat Honda CB500X Disiksa di Jalur Off Road Single Track yang Berat…

Saat Honda CB500X Disiksa di Jalur Off Road Single Track yang Berat…



Honda-CB500X-001

Sejatinya Honda CB500X merupakan motor adventure-tourer yang memiliki kemampuan off road minim, kalau nggak mau dibilang tidak punya kemampuan off road sama sekali. Motor ini memang lebih difokuskan sebagai kendaraan touring jarak jauh yang bandel dan tergolong hemat bahan bakar. Tapi ketika melihat channel Motorcycle Adventure Dirtbike TV di YouTube membuat saya berdecak kagum mas bro. Bagaimana tidak, sebuah motor Honda CB500X dipakai untuk melibas jalur off road single track yang tergolong berat. Umumnya jalur seperti ini biasa digunakan oleh para off roader menggunakan motor enduro atau dirtbike yang ringan.

Akan tetapi, sebelum bisa digunakan di jalur off road yang berat, Motorcycle Adventure Dirtbike TV melakukan beberapa ubahan pada Honda CB500X. Perubahan yang terlihat antara lain pada sektor kaki-kaki, di mana suspensi depan ditinggikan, velg menggunakan model spoke atau jari-jari berukuran 17-19 inch, menggantikan model cast wheel standar yagn berukuran 17-17 inch, sedangkan ban menggunakan model dual purpose Continental TKC 80. Selain itu, pada mesin dipasangi pipa dan skid plate agar mesin tetap terlindungi ketika menghantam lubang yang dalam maupun bebatuan, serta footpeg menggunakan model bergerigi dan fleksibel seperti motor enduro.

Dengan berbagai ubahan itu, Honda CB500X sudah siap melibas berbagai kondisi jalan yang ekstrem. Walaupun tetap saja kurang lincah karena bobotnya yang berat. Nggak seperti dirtbike yang berbobot ringan dan lincah. Tapi paling tidak si Honda CB500X sudah memiliki kemampuan off road dibandingkan dengan model standarnya. Mungkinkah kemampuan off road Honda CB500X sudah bisa mengimbangi BMW R 1200 GS Adventure? Ya monggo lihat saja di video berikut ini…


Advertisements