Sudah Sepantasnya KLX150 Dapat Sentuhan di Sektor Mesin

Kawasaki-KLX150-BF-SE-001

Mas bro, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sudah mengakui bahwa KLX150 menjadi tulang punggung penjualan di tahun 2015 dan akan berlanjut di tahun 2016 mendatang. Bahkan KLX150 bersama dengan Ninja 150 telah sukses mengeluarkan Kawasaki dari zona kritis (Baca: 2015, KLX150 Jadi Tulang Punggung Kawasaki Keluar dari Masa Kritis). Update penampilan yang dilakukan oleh Kawasaki pada KLX150 di tahun ini memang membuat motor itu menjadi lebih menarik lagi untuk dipinang. Apalagi khusus untuk seri KLX150 BF dan KLX150 BF SE sudah mengaplikaskan suspensi upside down.

Tapi apakah itu saja sudah cukup? Belum mas bro. Perubahan itu baru sebatas kosmetik saja, sedangkan sektor mesin KLX150 nggak mendapatkan sentuhan sama sekali dari Kawasaki. Tetap mengandalkan mesin 144 cc SOHC dengan tenaga dan torsi yang minimalis. Mungkin saat ini Kawasaki masih bisa santai. Dengan mesin seadanya, penjualan KLX150 masih sangat tinggi untuk segmen motor trail yang sebenarnya pangsa pasarnya nggak begitu besar. Tapi ingat, akhir tahun depan ada rumor yang mengatakan Yamaha bakal mengeluarkan motor trail dengan mesin V-Ixion (WR150R), sedangkan Honda juga ingin ikut terjun ke pasar ini dengan mesin Verza (CRF150L).

Kalau produk dari Yamaha dan Honda itu benar-benar nongol di pasaran, sedangkan Kawasaki masih adem ayem dengan mesin KLX150 yang sekarang, peluang penjualan KLX150 merosot begitu besar. Kok bisa? Bagi pemilik KLX150 pasti sudah sangat paham kalau dalam kondisi standar tanpa ubahan apapun, mesin motor ini begitu loyo seperti tanpa tenaga dan torsi. Mesin KLX150 cenderung seperti motor jalanan biasa, bahkan kalau dipakai nanjak sering kali kedodoran. Karakter mesinnya nggak cocok sama sekali sebagai sebuah motor trail. Terus gimana dengan mesin V-Ixion dan Verza? Keduanya punya power dan torsi yang lebih besar daripada mesin KLX150!

Masalah pengembangan mesinnya seperti apa, tentu saja Kawasaki sebagai pabrikan lebih paham. Ntah itu di-tunning ulang, ditingkatkan kapasitasnya menjadi 180-200 cc, atau menggunakan all new engine, pabrikan jelas punya perhitungannya. Intinya, konsumen hanya ingin mesin motor yang lebih powerful, lebih torque! Ini motor trail, masa’ nanjak aja kedodoran? Kan lucu…

Rumornya, Kawasaki saat ini sedang mengembangkan motor klasik dengan kubikasi mesin 150-180 cc (belum bisa dipastikan). Info yang beredar mengatakan mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga 17-20 HP. Tenaga yang sangat ideal untuk ukuran mesin 150-180 cc (Baca: Wah… Seperti Inikah Rupa Motor Klasik Kawasaki Scrambler 150?). Jika benar mesin motor klasik Kawasaki sanggup mengeluarkan tenaga sebesar itu, nggak ada salahnya kalau mesin yang sama diaplikasikan ke KLX150. Motor klasik Kawasaki sendiri kemungkinan baru akan nongol di tahun 2017. Waktunya pas kalau Kawasaki mau memberikan update pada mesin KLX150, karena pada akhir 2016 atau awal 2017, Yamaha dan Honda sudah terjun ke segmen trail!


Advertisements