Suzuki V-Strom 650 Dibandrol Rp 209 Jutaan, Masih Menarik Kah?

Suzuki-V-Strom-650-001

Mas bro, selain menjual motor-motor berkubikasi kecil, Suzuki Indonesia juga memasarkan moge lho. Memang promosi yang kurang masif membuat produk moge Suzuki di Indonesia kurang begitu dikenal. Padahal produk-produk buatan Suzuki nggak kalah menarik dibandingkan dengan produk moge brand Jepang lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, maupun Honda.

Salah satu produk moge Suzuki Indonesia yang menjadi perhatian saya adalah V-Strom 650. Motor ini mengusung gaya adventure-tourer yang tentu saja cukup nyaman digunakan dalam perjalanan jarak jauh dengan bumbu adventure/off road ringan. Kalau nggak salah V-Strom 650 sudah diluncurkan beberapa waktu yang lalu bersamaan dengan GSR750.

V-Strom 650 sendiri dibandrol oleh Suzuki Indonesia dengan harga Rp 209,4 juta, sebuah angka yang sebenarnya cukup mahal untuk motor berkapasitas 650 cc. Harga bisa dicek di website Suzuki Indonesia. Dengan kubikasi yang sama, mau nggak mau V-Strom 650 bakal dibanding-bandingkan dengan motor adventure-tourer lainnya, yaitu Kawasaki Versys 650. Motor buatan Geng Ijo dijual dengan harga yang jauh lebih bersahabat senilai Rp 165 juta.

Perbedaan mendasar antara V-Strom 650 dan Versys 650 terletak pada bagian mesin. Meskipun sama-sama mengusung mesin 650 cc dua silinder, namun V-Strom 650 menggunakan konfigurasi v-twin, sedangkan Versys 650 menggunakan konfigurasi mesin parallel-twin. Soal output power sih kurang lebih sama, sekitar 66-67 HP. Hanya saja karakter kedua mesin itu cukup berbeda, output suaranya juga berbeda, di mana v-twin memiliki style tersendiri. Selain itu, dari segi desainnya V-Strom 650 memang lebih beraura adventure dibandingkan dengan Versys 650. Tapi, apakah layak dibandrol Rp 44,4 juta lebih mahal? Monggo urun pendapatnya!

Suzuki-V-Strom-650-002


Advertisements