BMW R 1200 GS Dilengkapi dengan Sistem Penggerak 2WD

BMW-R-1200-GS-Adventure-002

Teknologi yang semakin maju membuat motor pun ikut kecipratan dengan dipasangi perangkat-perangkat terbaru yang memberikan keunggulan dibandingkan dengan teknologi konvensional. Yang terkini, perusahaan Jerman, Wunderlich, telah mengembangkan sistem penggerak dua roda (two-wheel drive/2WD) dengan pendingin cairan untuk motor adventure-tourer BMW R 1200 GS.

Umumnya motor hanya menggunakan sistem penggerak satu roda, yaitu roda belakang yang dihubungkan dengan gear box mesin menggunakan rantai. Tapi pengembangan yang dilakukan oleh Wunderlich ini tentu cukup menarik karena motor memiliki penggerak roda belakang dan depan sekaligus. Nah, untuk BMW R 1200 GS, Wunderlich hanya menambahkan sistem gear box elektrik untuk menggerakkan roda depan.

Seperti dilansir Visordown, sistem gear box elektrik yang dipasang untuk menggerakkan roda depan BMW R 1200 GS itu mampu mengeluarkan tenaga sebesar 10 kW atau setara dengan 13,6 HP. Hasilnya, BMW R 1200 GS bisa lebih menggigit ketika melibas track off road dan lebih kencang ketika melewati jalan aspal. Untuk sementara waktu sistem 2WD pada BMW R 1200 GS masih sebatas konsep. Tapi diperkirakan motor dengan sistem 2WD akan dijual secara masal di waktu yang akan datang.

BMW-R-1200-GS-Adventure-003


Advertisements