Rally Dakar 2016: Paulo Goncalves Finish Pertama di Stage 4

dakar_rally_stage_4_route

Di stage 4 Rally Dakar 2016 rencananya akan menempuh rute dari San Salvador De Jujuy dan kembali ke San Salvador De Jujuy. Pada stage 4 ini secara total para rider harus menempuh jarak sejauh 629 km dengan special section sejauh 429 km. Stage 4 memiliki karakter track yang cukup sulit karena di special stage ketinggian rata-rata adalah 3.500 meter di atas permukaan laut, ditambah lagi track yang dilewati berupa pasir dan bebatuan. Siapakah pemenang di stage 4?

Sama seperti stage 3, pada stage 4 pembalap Honda masih mendominasi jalannya balapan. Setidaknya ada tiga pembalap Honda yang menempati posisi lima besar, yaitu Paulo Goncalves di posisi pertama, diikuti dengan Kevin Benavides di posisi ketiga, dan Joan Barreda di urutan keempat, sedangkan di urutan kedua terselip pembalap Husqvarna Ruben Faria dan di posisi kelima ada pembalap KTM Toby Price.

Dominasi pembalap-pembalap Honda pada Rally Dakar 2016 nggak mengejutkan. Sejak beberapa tahun terakhir, Honda memang terus menjadi penantang serius bagi KTM. Kerap memimpin di stage-stage awal, namun selalu tumbang di stage-stage akhir. KTM sendiri pada tahun ini banyak mengandalkan pembalap-pembalap baru setelah ditinggalkan oleh langganan juara Marc Coma dan Cyril Despres. Lima pembalap utama KTM sepertinya belum bisa berbuat banyak. Paling-paling cuma Toby Price dan Antoine Meo yang bisa nyodok di papan atas, sementara Jordi Viladoms dan Laia Sanz lebih sering di papan tengah hingga bawah. Di jajaran rider KTM, justru Stefan Svitko yang menempati urutan teratas klasemen sementara. Padahal dia bukan pembalap tim pabrikan.

Yang nggak kalah menarik mencermati kiprah tim baru di Rally Dakar 2016, yaitu Husqvarna. Secara teknis, Husqvarna menggunakan motor yang identik dengan KTM, berbasis KTM 450 Rally Factory. Namun, dua rider utama Husqvarna sejauh ini memiliki performa yang cukup baik, dengan menempatkan Ruben Faria di posisi kelima dan Pablo Quintanilla di posisi kedelapan klasemen sementara.

Paulo-Goncalves-Honda-Rally-Dakar-2016

dakar_rally_stage_4_1

dakar_rally_stage_4_overall_1


Advertisements