• Home »
  • Article »
  • Rally Dakar 2016: Tolong Walkner, Goncalves Lepaskan Posisi Pertama

Rally Dakar 2016: Tolong Walkner, Goncalves Lepaskan Posisi Pertama

matthias-walkner-ktm-stage-7-rally-dakar-2016-001

Nasib kurang beruntung dialami oleh rider KTM Matthias Walkner. Di stage 7 dia mengalami crash hebat yang membuat tulang pahanya mengalami keretakan. Memang kejadian seperti ini bukan hal yang baru di Rally Dakar. Sebelumnya crash hebat juga dialami oleh rider Husqvarna yang performanya sedang cukup moncer, Ruben Faria, di stage 6.

Faktor kelelahan mungkin bisa menjadi penyebab crash seperti ini. Bukan apa-apa mas bro, Rally Dakar 2016 sudah memasuki setengah perjalanan dari total 14 stage yang direncanakan. Masing-masing rider sudah menempuh jarak sekitar 3.500 km hingga stage 6. Nggak mengherankan kalau fisik rider benar-benar terkuras. Rata-rata mereka harus menggeber motor 600-750 km per hari dan berturut-turut hingga hari ke-14 (stage 14). Apalagi track yang dilewati nggak bisa dikatakan mudah. Para rider harus melewati berbagai rintangan off road yang didominasi oleh jalur berpasir dan berbatu dengan kecepatan bisa di atas 200 km/jam. Bayangkan naik motor di jalur off road dengan kecepatan setinggi itu, hilang konsentrasi sedikit saja bisa celaka. Nggak mengherankan kalau Rally Dakar dianggap sebagai salah satu balapan paling ekstrem di dunia.

paulo-goncalves-help-matthias-walkner-stage-7-rally-dakar-2016-001

Sebenarnya hal mengagumkan justru datang dari rider Honda Paulo Goncalves. Hingga stage 6, dia menempati urutan pertama klasemen sementara. Artinya dia punya peluang besar untuk menjadi juara Rally Dakar 2016 dengan fight di stage 7 dan stage-stage berikutnya. Namun, ketika melihat Matthias Walkner tergulung tak berdaya akibat crash, dia menghentikan laju motornya dan berhenti memberikan pertolongan pertama. Beberapa rider lain yang melintas memang sempat berhenti, seperti rider KTM non-pabrikan Stefan Svitko dan rider Yamaha Helder Rodrigues. Tapi mereka hanya berhenti sebentar dan kemudian melanjutkan perjalanan, sedangkan Paulo Goncalves menunggui Matthias Walkner hingga tim medis datang. Maklum mas bro, Rally Dakar ini sebagian besar mengambil track di wilayah gurun maupun pegunungan yang jauh dari keramaian dan tidak ada siapa-siapa. Menjadi kewajiban moral bagi seorang rider memberikan pertolongan kepada rider lain jika mengalami crash. Setelah tim medis datang, barulah Paulo Goncalves melanjutkan balap dan finish di posisi 31, membuat posisinya di klasemen sementara terlempar dari urutan pertama ke urutan ketiga.

Aksi Paoulo Goncalves memang cukup mengharukan. Bagaimana seorang rider yang sedang berebut urutan pertama klasemen tidak mempedulikan jalannya race demi menolong rider lain yang mengalami crash. Hebatnya lagi, yang ditolong oleh Paolo Goncalves adalah rider KTM yang notabene saingan utama Honda dalam memperebutkan juara Rally Dakar 2016. Monggo yang mau melihat aksi Paulo Goncalves menolong Matthias Walkner, videonya diunggah oleh Deporte Motor. Salut Paulo!! Semoga bisa mengakhiri Rally Dakar 2016 dengan hasil yang indah…

Paulo-Goncalves-Rally-Dakar-2016-Stage-6-001


Advertisements