Rumor: Trail dari Honda (AHM) Diberi Nama CRL150, Bukan CRF150


Honda-CRF150F-2015-002

Baru-baru ini terdengar kabar yang cukup mengejutkan, yaitu Astra Honda Motor (AHM) sudah mempersiapkan produksi motor trail untuk tahun ini. Malah AHM sudah memesan berbagai komponen pendukung untuk si motor trail. Tidak tanggung-tanggung, rencananya motor trail yang bakal menjadi pesaing utama Kawasaki KLX150 itu ditargetkan laku 3.000 unit per bulan (Baca: Trail Honda Nongol Tahun Ini, Target Penjualan 3.000 Unit Per Bulan?).

Sekarang, info terbaru yang didapatkan dari Mas Rudy Soul, mengatakan kalau motor trail dari AHM akan diberi nama CRL150, bukan CRF150 seperti yang selama ini disebut-sebut. Memang mengenai penamaan motor trail dari AHM dengan sebutan CRL150 baru sekedar rumor. Tapi menurut saya termasuk sangat masuk akal lho… Kenapa? Yuk simak alasannya!

Kemungkinan besar, bahkan bisa dikatakan nyaris 100 persen, motor trail dari AHM nanti bakal mengusung model dual sport, bukan tipe enduro apalagi motocross. Ini bakal benar-benar bersaing dengan Kawasaki KLX150. Dual sport artinya motor ini legal digunakan di jalan raya, memiliki lampu depan, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, panel speedometer, klakson, dan dilengkapi dengan surat-surat (STNK, TNKB, BPKB). Ban yang digunakan nantinya juga bertipe dual purpose, persis seperti Kawasaki KLX150. Rasanya agak-agak mustahil AHM menjual motor trail 150 cc dalam bentuk off the road (motocross/enduro), pasti dalam bentuk on the road (Baca: Perbedaan Motor Dual Sport, Motard, Enduro, dan Motocross).

Kemudian kita bahas penamaan motor trail Honda secara global. Kode CRF memang sudah menunjukkan kalau ini merupakan tipe motor trail, diikuti dengan kapasitas mesin, dan diakhiri dengan satu kode lagi antara lain R, X, F, L, dan M. Kode R menunjukkan kalau itu merupakan tipe racing/motocross, X/F adalah tipe enduro, L tipe dual sport, dan M tipe supermoto. Ambil contoh untuk kelas 250 cc terdapat CRF250R (motocross), CRF250X (enduro), CRF250L (dual sport), dan CRF250M (supermoto).

Bagaimana dengan yang 150 cc? Sudah ada CRF150R (motocross) dan CRF150F (enduro). Yang belum ada CRF150L (dual sport) dan CRF150M (supermoto). Awalnya saya mengira AHM bakal menggunakan nama CRF150L untuk motor trailnya, tapi sepertinya saya salah. Kenapa? CRF150R/F merupakan produk global dengan kubikasi mesin 150 cc dan masih mengandalkan sistem pembakaran karburator. Yang namanya motor off road nggak mementingkan uji emisi karena memang tidak digunakan di jalan raya, sedangkan trail buatan AHM adalah motor dual sport (on the road) sehingga harus lolos uji emisi Euro 3. Sama seperti produk AHM lainnya, si trail bakal dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi agar lolos uji emisi. Kalau menggunakan karburator, berarti AHM malah berjalan mundur. Lha wong seluruh motornya sudah pakai sistem pembakaran injeksi kok.

Intinya apa sih? Intinya, nama CRF150 tetap melekat sebagai produk global yang mempertahankan sistem pembakaran karburator, sementara CRL150 digunakan untuk motor trail lokal buatan AHM yang cuma dipasarkan secara lokal di Indonesia saja karena filosofinya sudah berbeda. CRF150 itu motor off road oriented yang perlu performa tinggi dengan mengandalkan sistem pembakaran karburator tanpa begitu mempedulikan emisi gas buang, sedangkan CRL150 dikembangkan sebagai motor on road oriented yang wajib lolos uji emisi Euro 3, walaupun pada prakteknya nanti CRL150 bakal dipakai main lumpur juga oleh user-nya. Kalau AHM membuat CRF150L (dual sport dengan nama global) menggunakan sistem injeksi, otomatis CRF150R dan CRF150F juga harus diganti dengan mesin baru berinjeksi persis seperti CRF150L, agar ada kesamaan/common parts antar produk… Dan itu bakal sulit dilakukan oleh AHM. So, nama motor trail buatan AHM bakal bernama CRL150? Memang masih sekedar rumor, tapi sangat memungkinkan mas bro!

Honda-CRF150F-2015-007


Advertisements