Viar Cross X 250 Road Legal Mengarah ke Model Supermoto

VIAR-Ladies-and-Cross-X-250-SE-001

Rencana Viar yang akan mengeluarkan Cross X 250 versi road legal sebenarnya bukanlah berita baru. Bahkan saya sudah mendengar kabar ini sejak tahun lalu, tidak berselang lama setelah peluncuran Cross X 250 SE pada akhir Februari 2015. Namun, berita ini seperti timbul dan tenggelam seolah tanpa kepastian. Terus gimana kelanjutan Cross X 250 SE road legal?

Kabar terbaru yang diungkap oleh Mas Frengky Osmond, Marketing Communication Division PT Triangle Motorindo, seperti dikutip dari Otomotifnet mengatakan kalau calon Cross X 250 road legal yang bakal dilepas ke pasaran nanti berbentuk supermoto yang memang lebih on road oriented. Ketika saya coba konfirmasi langsung ke Mas Frengky, memang betul yang keluar nanti tipe supermoto. Yang namanya supermoto, tentu saja menggunakan ban aspal tapak lebar dengan diameter rim 17-17 inch. Sedangkan basis desain yang digunakan adalah Cross X 250 SE yang sudah lebih dahulu diluncurkan, meskipun sempat ramai di media sosial ada sosok New Cross X 250 yang bentuknya identik dengan Crossfire CFR250 sedang terparkir manis di sebuah ruangan yang berada di pabrik Viar, Semarang. Mana yang bakal dipakai buat Cross X 250 Supermoto? Masih belum jelas mas bro.

Namun satu yang pasti, mesin yang akan digunakan pada supermoto 250 cc ini masih mengandalkan basis mesin yang sama dengan Cross X 250, berupa mesin 250 cc satu silinder, SOHC, 4-stroke, 4-valve, dan berpedingin cairan yang mampu mengeluarkan tenaga sekitar 26 HP/9.000 rpm dan torsi 23 Nm/7.000 rpm. Kalaupun ada perbedaan nanti terletak pada sistem pembakaran, dimana versi road legal sudah menggunakan sistem injeksi. Soal ini sudah pernah saya ulas di tulisan berjudul “Viar Cross X 250 SE Road Legal akan Dilengkapi Sistem Pembakaran Injeksi” sekitar pertengahan Mei 2015 lalu. “Pada motor 250 cc on road (supermoto) nanti mesinnya sudah pakai injeksi dengan beberapa perbedaan spesifikasi,” jelas Mas Frengky via Otomotifnet.

Sampai sekarang memang masih belum bisa diketahui kapan Cross X 250 road legal atau Cross X 250 Supermoto bakal meluncur ke pasaran, karena masih dalam tahap pengembangan dan proses uji tipe. Kalau semua itu sudah beres, dijamin deh produk baru ini bakal siap ngaspal mas bro. Semoga saja sudah bisa meluncur tahun ini. Bagaimana dengan harganya? Katanya sih nggak terpaut jauh dari Cross X 250 SE yang sekarang dijual Rp 34,6 juta off the road. Kita tunggu saja deh kehadiran supermoto dari Viar.

VIAR-Cross-X-250-TMCBlog-006


Advertisements