Andalkan Mesin SOHC, Motor Trail Lokal dari Honda Punya Kode K84



Honda-CRF150F-2015-008

Hari demi hari informasi mengenai sosok calon motor trail 150 cc lokal buatan Astra Honda Motor (AHM) muncul secara perlahan seperti puzzle. Sebelumnya disebutkan trail buatan AHM muncul tahun ini dengan target penjualan 3.000 unit per bulan, kemudian disusul dengan informasi kalau nama motor trail buatan AHM ini bernama CRL150. Sekarang masih ada satu informasi lagi yang masuk mas bro, motor trail ini mempunyai kode project K84!

Informasi mengenai kode K84 untuk motor trail 150 cc AHM ini diperoleh dari Mas An Syahri. Mengenai gimana kebenarannya, nggak ada salahnya kalau kita tampung dulu deh informasi itu. Informasi lainnya, motor trail yang untuk sementara waktu kita sebut saja dengan CRL150 atau CRF150L itu bakal menggunakan basis mesin SOHC. Beberapa sumber menyebut mesin itu mengandalkan punya Verza yang sudah terbukti tangguh dan handal. Tambahan info dari Mario Devan, mesin trail Honda cenderung mirip seperti mesin punya GL series yang punya torsi yahud dan perawatan super mudah dan murah, tapi ada versi lain yang menyebut bakal menggunakan mesin keren milik New CB150R/Sonic 150. Kalau sudah begini, AHM memang bakal benar-benar memberikan serangan kepada Kawasaki KLX150 yang selama ini menguasai pasar motor trail 150 cc di Indonesia.

Kapan munculnya CRL150/CRF150L ini? Masih belum bisa dipastikan mas bro. Tapi kalau misalnya benar-benar diluncurkan tahun ini, kemungkinan setelah peluncuran CBR250RR, kurang lebih pada akhir tahun 2016 nanti. Mungkin saja momen peluncuran CRL150/CRF150L ini bakal berdekatan dengan peluncuran motor trail milik Yamaha bermesin V-Ixion, WR150R. Wah persaingan di segmen motor trail 150 cc menjadi sangat seru nih tahun ini karena nggak cuma diisi oleh Kawasaki KLX150. Tentu saja Kawasaki yang menjadikan KLX150 sebagai salah satu moneymaker mereka harus sangat berhati-hati dalam menghadapi pergerakan rakasasa otomotif seperti Honda dan Yamaha.


Advertisements