Berkenalan dengan Gazgas GE 250 GZ1, Motor Trail Bersasis Titanium


Gazgas-GE-250-GZ1-001

Satu lagi informasi masuk ke redaksi Adventuriderz.com. Kali ini datang dari informasi itu datang dari brand lokal yang bermarkas di Pasuruan, Gazgas. Selama ini Gazgas memang dikenal sebagai brand yang getol dalam memasarkan motor trail. Berbagai macam produk motor trail sudah dipasarkan oleh Gazgas, mulai dari untuk anak-anak dengan kapasitas mesin 50 cc, 150 cc untuk pemula, hingga yang advance di kelas 250 cc.

Sekarang kita bahas yang 250 cc dulu deh… Di segmen motor trail 250 cc, Gazgas memiliki produk bernama Gazgas GE 250 GZ1. Sebelumnya Gazgas memang punya beberapa produk di kelas 250 cc, tapi mas bro nggak usah bingung karena sekarang produknya cuma ada satu, yaitu Gazgas GE 250 GZ1. Kalau dilihat, desain motor ini identik dengan produk Zongshen XZ250R, mirip juga dengan produk serupa yang dipasarkan oleh brand lokal lainnya. Tapi tentu saja ada yang berbeda dengan Gazgas GE 250 GZ1, yaitu sudah menggunakan sasis berjenis titanium!!

Apa istimewanya sasis titanium? Langkah Gazgas ini memang cukup unik, biasanya pabrikan lebih condong ke bahan aluminium untuk sasis motor, tapi Gazgas memilih bahan titanium. Tentu saja sasis titanium bisa memangkas bobot motor secara signifikan. Sebagai motor enduro tulen, Gazgas GE 250 GZ1 haruslah ringan agar handling menjadi lebih mudah dan motor pun enak diajak terbang, plus sasis mesti kuat dan nggak gambang bengkok.

Nah, Marketing & Promotion Manager Gazgas Indonesia Andy Setiawan mengungkapkan kalau penggunaan sasis titanium membuat bobot Gazgas GE 250 GZ1 hanya 117,5 kg. Sebelumnya Gazgas juga punya produk dengan desain identik namun menggunakan sasis besi, yaitu Gazgas X-Moto 250, dengan bobot 126 kg. Artinya, penggunaan sasis titanium bisa memangkas bobot 8,5 kg. Memang terlihat kecil, tapi di dunia off road, selisih bobot 8,5 kg amat sangat signifikan…Soal dapur pacu, Gazgas GE 250 GZ1 menggunakan mesin 250 cc SOHC, 4-valve, dan berpendingan cairan yang dipadu dengan transmisi 5-percepatan. Mesin itu mampu mengeluarkan tenaga maksimal 18,5 kW/9.000 rpm dan torsi maksimal sebesar 22 Nm/7.000 rpm.

Berapa bandrolnya? Pak Andy mengatakan Gazgas GE 250 GZ1 bisa dipinang dengan harga Rp 60 juta off the road. Memang harganya tergolong mahal, tapi cukup pantas karena framenya istimewa. Buat mas bro yang pengen menggunakan Gazgas GE 250 GZ1 sebagai motor dual sport yang legal digunakan di jalan raya, cukup dengan membayar senilai Rp 65 juta (on the road). Pada dasarnya motor ini sudah dilengkapi dengan kelengkapan jalan raya seperti lampu utama, lampu belakang, lampu sign, kaca spion, hingga fender belakang untuk dudukan plat nomor. Jadi tinggal ngurus surat-surat saja (STNK, TNKB, BPKB).

Masih belum puas dengan varian standar Gazgas GE 250 GZ1? Masih ada kok varian yang lebih tinggi, bisa dibilang special edition (SE), tapi hanya sebagai option saja ya. Artinya mas bro bisa request beli varian special edition ini jika menginginkan. Bedanya, varian special edition menggunakan as roda titanium, T as depan CNC, dan dilengkapi engine guard. Yang namanya edisi khusus tentu saja harganya juga beda karena selisih Rp 7,5 juta lebih mahal atau senilai Rp 67,5 juta off the road. Tertarik meminang Gazgas GE 250 GZ1?

Gazgas-GE-250-GZ1-002


Advertisements