Rally Dakar 2016: Di Stage 9, Rider KTM Toby Price Tak Terbendung

dakar-rally-stage-9-results_840

Stage 9 sepertinya menjadi balapan paling pendek pada Rally Dakar 2016, karena rider hanya perlu menempuh jarak total sejauh 436 km dengan special section 285 km, berputar dari Belen dan kembali ke Belen. Itu tentu berbeda dengan stage-stage sebelumnya dimana rider bisa menempuh perjalanan 600-800 km. Akan tetapi, bukan berarti perjalanan rider akan bisa dilakukan dengan mudah. Sama seperti stage 8, permasalahan utama yang akan menjadi kendala para rider terletak pada navigasi dan berbagai rintangan yang jauh lebih sulit. Bagaimana hasilnya?

Rider KTM Toby Price tetap menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 02:24:19. Rasa-rasanya rider asal Australia ini menjadi kandidat kuat juara Rally Dakar 2016. Toby Price diikuti oleh rider Honda asal Argentina Kevin Benavides yang mencatatkan waktu 02:31:29, disusul oleh rider KTM non-pabrikan Stefan Svitko yang memang sejak stage-stage awal selalu tampil konsisten. Catatan waktu Stefan Svitko lebih lambat 10 menit 33 detik dibandingkan dengan Toby Price. Di posisi keempat ada rider Husqvarna Pablo Qunitanilla, sementara di posisi kelima diisi oleh rider Honda lainnya, Ricky Brabec.

Dengan hasil di stage 9, posisi pertama klasemen sementara ditempati oleh Toby Price, kemudian di posisi kedua diisi oleh Stefan Svitko dengan selisih waktu 24 menit 47 detik, sedangkan di urutan ketiga ditempati oleh Pablo Quintanilla dengan catatan waktu total 30:25:29 atau berselisih 32 menit 14 detik dari Toby Price. Menjelang stage-stage akhir, catatan waktu Toby Price selisihnya sudah lumayan jauh dibandingkan dengan posisi di bawahnya. Kalau dia terus konsisten dan tidak mengalami crash atau kendala pada motor, peluang juaranya sangat besar.

dakar_rally_stage_9_1

dakar_rally_stage_9_overall_1


Advertisements