Rally Dakar 2016: Stage 10 Jadi Kemenangan Perdana Stefan Svitko

dakar-rally-stage-10_1-1080

Stage 10 menjadi tantangan tersendiri bagi para rider yang berlaga di Rally Dakar 2016. Stage kali ini memang nggak terlalu panjang. Hanya 561 km dengan special section sejauh 278 km. Tapi bukan berarti para rider bakal bisa melewati rintangan dengan mudah. Tantangan terbesar bagi para rider dalam perjalanan dari Belen menuju La Rioja ini adalah bukit pasir Fiambala. Bahkan bukit pasir Fiambala disebutkan sebagai tahap paling menentukan di Rally Dakar 2016. Rider besarta para motornya bakal disiksa habis-habisan dalam kondisi yang cukup ekstrim di sini. Rider spesialis gurun memang memiliki peluang lebih besar untuk menjadi juara di stage 10. Hasilnya?

Kali ini para rider unggulan harus mengakui ketangguhan dari rider KTM non-pabrikan Stefan Svitko. Dia berhasil menjadi rider tercepat di stage 8 mengungguli rider Honda Kevin Benavides yang berada di urutan kedua dan rider KTM Toby Price di urutan ketiga. Menariknya, ini merupakan kemenangan stage yang pertama bagi Stefan Svitko di ajang Rally Dakar setelah mengikutinya selama tujuh kali. Tapi sepertinya Toby Price masih cukup nyaman berada di urutan pertama klasemen sementara dengan selisih lebih dari 28 menit dari Stevan Svitko.

dakar-rally-stage-10_00011_1080

Rider Honda yang sebelumnya kerap menempati urutan pertama klasemen sementara, Paulo Goncalves, berusaha dengan sangat ekstra di stage 10 ini. Meskipun demikian, dia harus puas berada di urutan keempat stage 10, sehingga membuatnya nongkrong di urutan ketiga klasemen sementara dengan selisih lebih dari 34 menit dibandingkan dengan Toby Price. Memang pertarungan di Rally Dakar ini sangat menarik. Hanya rider yang konsistenlah yang bisa menjuarai ajang balap ekstrim yang mencapai 14 stage alias sisa empat stage lagi. Kira-kira siapa yang bakal jadi pemenang?

Quintanilla-La-Rioja1-Etapa-10-Dakar_1080

dakar_rally_stage_10_1

dakar_rally_stage_10_overall_1


Advertisements