AHM Nyatakan Peminat CRF1000L Africa Twin Sedikit… Yakin???



Honda-CRF1000L-Africa-Twin-EICMA-2015-012

Honda CRF1000L Africa Twin merupakan motor yang cukup menyedot perhatian di beberapa pameran otomotif dunia, termasuk EICMA 2015 di Milan. Sebagai motor adventure-tourer, ukuran CRF1000L Africa Twin memang nggak sebesar si raja di segmen ini, BMW R 1200 GS. Tapi diyakini Africa Twin nggak kalah nyaman dan nggak kalah bandel dibandingkan dengan motor buatan Jerman itu. Bahkan diharapkan Africa Twin bisa merecoki penjualan BMW R 1200 GS meskipun tidak benar-benar head-to-head soal kapasitas mesin.

Banyak yang berharap Africa Twin diboyong oleh Astra Honda Motor (AHM) ke Indonesia karena konon peminatnya juga nggak sedikit. Sama seperti di belahan dunia lainnya, konsumen Indonesia sedang sangat menggandrungi motor tipe adventure-tourer, sebuah motor yang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh sekaligus memiliki kemampuan off road yang mumpuni. Itu terbukti dari laris-manisnya penjualan BMW R 1200 GS series, Kawasaki Versys 650, dan Honda CB500X, meskipun dua motor yang disebut terakhir memiliki kemampuan off road yang minimalis kalau nggak mau dikatakan nggak punya kemampuan off road sama sekali.

Sayangnya, kenyataan berkata lain mas bro. AHM mengatakan kalau peminat CRF1000L Africa Twin masih sangat sedikit, sehingga belum akan didatangkan ke Indonesia untuk mengisi lineup big bike dalam waktu dekat. Weeaalaaah… “Belum lah. Tapi nggak tahu kalau IU (importir umum) apakah menjual Africa Twin atau tidak. Kita sih belum sampai sana. Belum dipelajari, pasarnya masih kecil. Itu dulu sih kita lihat,” kata General Manager Marketing Planning and Analysis Astra Honda Motor Indraputra.

Honda-CRF1000L-Africa-Twin-EICMA-2015-011

Kata Indra, dia sudah mengetahui adanya komunitas motor adventure-tourer di Indonesia. Dia juga sempat membaca ada rider yang gemar riding menggunakan motor adventure-tourer untuk perjalanan jarak jauh. Tapi tetap saja, AHM belum akan memboyong CRF1000L Africa Twin dalam waktu dekat. “Saya tahu ada komunitasnya. Saya juga baca-baca ada yang suka adventure ke mana gitu. Tapi seberapa besar belum tahu. Kemungkinan (masuk) pasti ada, tapi tidak dalam waktu dekat,” katanya.

Memang keputusan AHM yang belum akan memasukkan CRF1000L Africa Twin ke Indonesia dalam waktu dekat cukup mengecewakan. Padahal, kalau motor itu masuk ke Indonesia via AHM, bisa menjadi alternatif bagi penggemar motor adventure-tourer yang kepentok masalah duit ketika menginginkan BMW R 1200 GS. Bukan apa-apa mas bro, harga motor besutan BMW Motorrad itu sudah tembus di angka Rp 800 jutaan. Kalau CRF1000L Africa Twin masuk ke Indonesia via AHM, paling-paling harganya sekitar Rp 450 jutaan. Masih jauh lebih bersahabat dengan kemampuan yang tidak kalah sangar. Buat mas bro yang sudah sangat berminat meminang CRF1000L Africa Twin kayaknya lebih baik langsung memesan di IU saja deh. Atau masih menunggu AHM berubah pikiran?

Honda-CRF1000L-Africa-Twin-EICMA-2015-001


Advertisements