KTM Motor Indonesia Nggak Mau Kolaborasi dengan Bajaj


Mas bro belakangan ini memang santer dikabarkan Bajaj akan kembali ke Indonesia dengan menggandeng KTM Indonesia. Namun, rencana Bajaj itu sepertinya bertepuk sebelah tangan karena KTM Motor Indonesia nggak mau melakukan co-branding dengan Bajaj. Terus gimana nasib Bajaj di Indonesia? Jadi masuk atau nggak?

Jadi gini mas bro, Om Taufik TMCblog langsung melakukan konfirmasi kepada Chief Executive Officer KTM Motor Indonesia Kristianto Goenadi. Intinya Pak Kristianto membenarkan kalau kerjasama co-branding antara Bajaj dan Kawasaki tidak akan diteruskan, dan Pak Kristianto juga tidak membantah Bajaj bakal kembali ke pasar Indonesia. Setelah KTM Motor Indonesia menolak penawaran dari Bajaj, kemungkinan Bajaj tetap bakal masuk ke Indonesia dengan bendera lain.

“Jadi gini, kerja sama co-branding (Bajaj) dengan Kawasaki di Indonesia sepertinya tidak diteruskan. Bajaj melalui prinsipal KTM menginformasikan bahwa mereka berniat untuk masuk lagi ke Indonesia, prinsipal KTM sudah sempat diskusi dengan kita (KTM Motor Indonesia)  mengenai keinginan Bajaj comeback ke Indonesia. Tapi karena kita mau fokus dulu di KTM, kita belum consider offering mereka . Mungkin sekarang mereka sudah memperoleh kandidat lain,” ujar Pak Kristianto.

KTM-Duke-250-004

Kok KTM Indonesia nggak mau gabung dengan Bajaj? Selain karena ingin fokus menjual motor KTM sendiri, kata Pak Kristianto sih karena desain motor buatan Bajaj masih fokus untuk market India. Mungkin bisa disimpulkan, KTM Motor Indonesia masih kurang pede menjual produk-produk Bajaj untuk bersaing dengan brand-brand Jepang di Indonesia ya… “Sebab kami lihat motor sport Bajaj masih fokus dengan desain untuk market India, sedangkan Market Indonesia persaingan sangat ketat,” tutur Pak Kristianto.

Pak Kristianto juga menginformasikan kalau strategi KTM dan Bajaj di Asia/ASEAN bakal secara lengkap dijabarkan di akhir Januari 2016 nanti ketika digelar KTM Distribution Conference di Bangkok. “Pekan akhir Januari 2016 akan ada KTM Distribution Conference di Bangkok. Di sana baru akan jelas strategi KTM. Untuk KTM dan Bajaj di Asia/Asean seperti apa . Yang pasti Bajaj memang punya intention untuk masuk kembali ke Indonesia, itu saja yang sudah pasti,” tegasnya.

Nggak bisa dipungkiri kalau Bajaj memang sempat berambisi masuk lagi ke Indonesia melalui KTM Motor Indonesia. Bukan apa-apa mas bro, Bajaj Auto (India) memang memiliki 48 persen saham KTM (Austria). Jumlah itu bukanlah angka yang kecil, dan Bajaj mestinya punya taring di KTM. KTM memang meneruskan permintaan Bajaj kepada KTM Motor Indonesia. Sayangnya permintaan itu ditolak oleh pihak lokal (KTM Motor Indonesia). So, dengan siapakah Bajaj akan masuk ke Indonesia? Tunggu informasi berikutnya aja deh!

Bajaj-Pulsar-200SS-005


Advertisements