Rally Dakar 2016: Stage 12 Jadi Kemenangan Pertama Bagi Yamaha


Helder-Rodrigues-Rally-Dakar-2016-Stage-12-001

Memasuki stage 12 Rally Dakar 2016, pertarungan antar rider semakin seru mas bro. Di stage kedua terakhir ini para rider menempuh rute dari San Juan menuju Villa Carlos Paz. Jarak yang ditempuh nggak main-main mas bro, mencapai 931 km dengan special section sejauh 481 km. Bisa dikatakan stage 12 merupakan rute terjauh yang ditempuh oleh para rider sepanjang Rally Dakar 2016. Track yang dilalui juga sangat menantang karena sebagian besar berupa pegunungan!

Di stage 12, untuk pertama kalinya Yamaha menjadi juara lewat rider andalannya, Helder Rodrigues. Pada stage-stage sebelumnya Yamaha nggak pernah berada di urutan depan karena sangat didominasi oleh KTM dan Honda yang kerap berbagi podium. Terakhir kali Yamaha memenangi stage di Rally Dakar pada tahun 2014 ketika Cyril Despres mampu naik podium tertinggi sebanyak tiga kali. Bagi Helder Rodrigues, tahun lalu sempat mendapatkan satu kali podium pertama ketika masih bersama Honda, sehingga dalam dua tahun terakhir dia mendapatkan dua kali podium.

Helder Rodrigues memang cukup cerdik dalam memanfaatkan kesempatan, yaitu dengan mengambil alih catatan waktu tercepat dari rider Husqvarna Pablo Quintanilla. Ntah kenapa kecepatan Pablo Quintanilla mengendur, sehingga bisa dimanfaatkan juga oleh rider andalan KTM Toby Price yang mampu finish di urutan kedua. Bahkan Pablo Quintanilla sendiri harus puas finish di urutan keenam, sedangkan posisi ketiga diisi oleh rider Honda Kevin Benavides, rider KTM non-pabrikan Stefan Svitko mengisi posisi keempat, sedangkan posisi kelima ditempati oleh rider Honda Adrein van Beveren.

Dengan hasil di stage 12, rider KTM Toby Price berada di atas angin untuk menjadi juara Rally Dakar 2016 karena kini masih menempati urutan pertama klasemen sementara dengan selisih waktu lebih dari 37 menit dibandingkan dengan urutan kedua yang ditempati oleh Stefan Svitko. Di stage terakhir atau stage 13, Toby Price tidak perlu berada di urutan pertama, cukup finish dengan selisih waktu tidak lebih dari 37 menit saja dari rider lainnya dia bakal jadi juara Rally Dakar 2016 untuk pertama kalinya. Lebih istimewa lagi karena tahun ini merupakan penampilan perdana Toby Price di ajang balap Rally Dakar.

Ivan Cervantes


Advertisements