• Home »
  • Article »
  • Uniknya TVS Apache RTR 200 4V, Sudah Dilengkapi Soket Charger HP…

Uniknya TVS Apache RTR 200 4V, Sudah Dilengkapi Soket Charger HP…

TVS-Apache-200-020

TVS Apache RTR 200 4V secara resmi diluncurkan hari ini secara serentak di Indonesia dan India mas bro. Memang ada sejumlah perbedaan antara TVS Apache RTR 200 4V versi Indonesia dan India. Contohnya saja, versi Indonesia sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi buatan BOSCH, sedangkan versi India masih mengandalkan sistem karburator. Selain itu, pada sektor ban, TVS Apache RTR 200 4V versi Indonesia menggunakan ban Pirelli Sport Demon, sebuah lompatan yang sangat bagus mengingat Pirelli merupakan salah satu produsen ban premium di dunia.

Pada bagian instrumen dashboard, TVS Apache RTR 200 4V sudah menggunakan instrumen full digital yang menunjukkan berbagai informasi penting, seperti kecepatan (speedometer), tachometer, fuel meter, hingga indikator quick service. “Tampilan LCD digital console juga ditampilkan, mampu menunjukkan RPM, kecepatan, berapa banyak sisa bensin. Selain itu, Apache bisa melakukan quick service yang bisa dikontrol dan memberikan data. Handlebar lebih lebar bakal membuat lebih nyaman untuk berkendara dalam kota ataupun untuk mendapatkan performa terbaik,” ungkap Pak Rizal Tandju, Deputy General Manager Marketing & Dealer Development PT TVS Motor Company Indonesia, dikutip dari detikOto.

Namun, dari sejumlah fitur yang dipasang pada TVS Apache RTR 200 4V, saya mencermati motor ini memang dipersiapkan sebagai mesin touring, bahkan untuk perjalanan jarak jauh sekalipun. Apa sebabnya? Ternyata TVS sudah memasang soket power yang bisa digunakan untuk melakukan charging HP. Fitur ini memang bukanlah hal yang baru di motor, tapi umumnya yang dipasang soket power listrik untuk keperluan charging HP/GPS adalah motor-motor bebek atau matic. Di segmen sport entry level, rasanya TVS yang pertama memasang soket power listrik di produknya. “Selanjutnya, ini menjadi motor sport yang ada charger HP-nya,” kata Pak Rizal.

TVS-Apache-200-018

Yups, dengan adanya soket power listrik, rider nggak perlu lagi khawatir HP kehabisan baterai karena tinggal colok saja semuanya sudah aman. Bagi yang gemar melakukan touring jarak jauh menggunakan GPS juga nggak perlu lagi memasang soket power, karena di TVS Apache RTR 200 4V sudah tersedia secara integrated. Memang sih fitur ini tergolong sepele, namun sangat membantu juga lho buat rider.

Last, TVS Apache RTR 200 4V dibekali mesin yang cukup powerful di kelasnya. Mengandalkan mesin 197,75 cc, SOHC, 4-stroke, 4-valve, oil-cooled, dengan transmisi manual 5-percepatan, TVS Apache RTR 200 4V mampu mengeluarkan tenaga maksimal 21 PS/9.000 rpm dan torsi 17,5 Nm/7.000 rpm. Konon motor ini sanggup melesat 0-60 km/jam hanya dalam waktu 3,9 detik saja, sedangkan 0-100 km/jam dalam waktu 11,2 detik. Menariknya lagi, TVS Apache RTR 200 4V ditawarkan dalam tiga varian warna (merah, hitam, putih) dengan harga yang murah, hanya Rp 23,9 juta on the road Jakarta. Itupun sudah termasuk jaket Respiro Velocity dan helm KYT edisi khusus selama periode promo.

TVS-Apache-200-013


Advertisements