G 310 R Versi TVS Beda dengan Versi BMW Motorrad

BMW-G-310-R-001

Mas bro, sudah tahu kan produk terbaru dan paling kecil dari BMW Motorrad? Ya, nggak salah lagi, itu adalah BMW G 310 R, motor yang dikembangkan oleh BMW Motorrad tapi kemudian diproduksi oleh TVS. Sebelumnya sempat tersiar kabar yang mengatakan kalau G 310 R bakal masuk ke Indonesia melalui bendera TVS. Kabar terbaru menyebutkan kalau G 310 R versi TVS bakal beda dengan milik BMW Motorrad…

Jadi gini, motor 300 cc dari TVS nanti memiliki desain yang beda total dengan BMW G 310 R, meskipun dikembangkan dari platform yang sama. Namanya pun bakal beda, kemungkinan menggunakan nama Apache series. Artinya, motor kolaborasi BMW Motorrad-TVS yang dijual oleh TVS bakal menggunakan rangka dan mesin yang sama dengan BMW G 310 R, tapi dengan wujud yang berbeda. Hal ini pun sudah coba saya konfirmasi ke Pak Rizal Tandju, Deputy Manager Marketing & Dealer Development TVS Motor Company Indonesia, dan beliau memastikan G 310 R versi TVS beda dengan versi BMW Motorrad. “Beda pak… Buat Indonesia setelah India launch dulu, semester kedua,” ungkap Pak Rizal.

Nah, kebetulan sekali di dunia maya sudah tersiar kabar dari Negeri Bollywood sana yang mengatakan kalau TVS sedang mengembangkan G 310 R versi full fairing dengan kode project U69. Motor ini kemungkinan akan diperkenalkan kepada publik di Delhi Auto Show pada awal Februari 2016. Kalau ditelisik lebih lanjut, sepertinya ya TVS U69 inilah yang bakal menjadi G 310 R versi TVS, karena belum ada indikasi TVS mengembangkan motor sport lain selain TVS U69. Apalagi TVS U69 menggunakan rangka dan mesin yang sama dengan G 310 R, jadi indikasi itu semakin kuat.

Sebelumnya saya sempat bertanya-tanya, ketika TVS U69 masuk ke Indonesia, apa mungkin bisa dibandrol kompetitif dengan motor-motor 250 cc brand Jepang? Apakah TVS U69 versi Indonesia akan menggunakan mesin 250 cc? Bukan apa-apa mas bro, motor dengan mesin di atas 250 cc hingga 500 cc di Indonesia ini dikenakan PPN BM sebesar 60 persen, sehingga membuat harganya melonjak secara drastis dan kurang kompetitif kalau dibandingkan dengan motor 250 cc.

Nah, akhirnya pertanyaan saya itu dijawab oleh Pak Rizal, yang mengatakan kemungkinan besar TVS akan tetap mempertahankan mesin 313 cc milik G 310 R. “Untuk G 310 R akan ada versi TVS. Tampaknya tetap di 313 cc,” kata Pak Rizal. Terus, apa mungkin harganya bisa bersaing dengan motor sport 250 cc brand Jepang? Dengan TVS sih sepertinya sangat mungkin mas bro. Buktinya TVS Apache RTR 200 4V yang sudah jelas-jelas lebih powerful dari motor 150 cc brand Jepang pun bisa dibandrol lebih murah. Sepertinya kita perlu menunggu sampai TVS U69 benar-benar nongol. Tinggal dua minggu lagi kok! Kalau nongol di Indonesia sih seperti yang diungkapkan Pak Rizal, pada semester kedua, kemungkinan sekitar Agustus atau September 2016 (Baca: BMW G 310 R Diluncurkan TVS Indonesia Agustus-September 2016).

BMW-G-310-R-006


Advertisements