Tahun Ini Yamaha Boyong MT-09 Tracer ke Indonesia

Yamaha-MT-09-Tracer-001

Mas bro, sudah kenal dengan Yamaha MT-09 Tracer? Yups, nggak salah lagi, ini merupakan versi tourer dari Yamaha MT-09. Kabar yang beredar mengatakan, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tahun ini bakal memboyong Yamaha MT-09 Tracer ke Indonesia sebagai tandem dari Yamaha MT-09 yang sudah lebih dahulu dipasarkan di Indonesia. Menariknya lagi, seperti ditulis oleh Om Leopold, unit tes Yamaha MT-09 Tracer sudah ada di Indonesia. Jadi Yamaha Indonesia tinggal mendaftarkan uji tipe Yamaha MT-09 Tracer dan mengurus ijin impornya.

Kalau dilihat, Yamaha MT-09 Tracer memang lebih condong sebagai motor tourer daripada adventure-tourer karena memiliki kemampuan off road yang sangat minimalis kalau nggak mau dibilang nggak punya kemampuan off road. Ini tentu berbeda dengan motor-motor adventure-tourer kelas berat seperti BMW R 1200 GS Adventure, KTM 1190 Adventure R, ataupun Honda CRF1000L Africa Twin, yang semuanya menggunakan mesin dua silinder, sedangkan Yamaha MT-09 Tracer mengandalkan mesin tiga silinder. Mungkin kalau Yamaha MT-09 Tracer lebih dekat perbandingannya dengan Kawasaki Versys 1000 dengan empat silinder kali yah, sama-sama punya kemampuan off road minimalis.

Terlepas dari hal itu, Yamaha MT-09 Tracer kalau dilihat dari desainnya saja tentu jauh lebih nyaman digunakan sebagai motor touring untuk perjalanan jarak jauh daripada kakaknya, Yamaha MT-09. Berbagai fitur di Yamaha MT-09 Tracer pun nggak terdapat pada Yamaha MT-09, seperti stang yang lebih tinggi membuat riding position menjadi lebih rileks, ergonomi berkendara yang bisa disetel, traction control, windscreen, hingga kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar.

Melihat hegemoni para rider di Indonesia terhadap motor tourer maupun adventure-tourer, memang Yamaha MT-09 Tracer sangat layak dihadirkan di Indonesia. Paling tidak ini akan menjadi lineup pelengkap yang mendampingi Yamaha MT-09. Kemungkinan sih Yamaha MT-09 Tracer hadir di Tanah Air pada semester kedua 2016. Berapa harganya? Yang jelas ya lebih mahal daripada Yamaha MT-09. Kalau Yamaha MT-09 dijual dengan harga Rp 250 juta, tentu saja Yamaha MT-09 Tracer harganya bisa di dalam range Rp 250-300 juta.

Yamaha-MT-09-Tracer-003


Advertisements